Kabar Lebaran: Ada Tarling dan Ramadhan Nights di Sydney

Kabar Diplomasi  
Muslim Lakemba melaksanakan tarling mulai pukul 18.30 waktu Sydney, Ahad (1/5/2022). (Dok. Istimewa)
Muslim Lakemba melaksanakan tarling mulai pukul 18.30 waktu Sydney, Ahad (1/5/2022). (Dok. Istimewa)

DIPLOMASI REPUBLIKA, SYDNEY -- Idul Fitri atau Lebaran tahun ini terasa berbeda bagi Muslim Indonesia yang tinggal di Lakemba, pinggiran Sydney, New South Wales (NSW), Australia. Tak seperti dua tahun terakhir, kali ini mereka merayakan Idul Fitri dengan melakukan takbir keliling (tarling) dan shalat Id. Pemerintah Australia memang memberikan kelonggaran kepada warga untuk beraktivitas di tempat umum seperti berkerumun untuk melaksanakan perayaan.

Muslim Lakemba melaksanakan tarling mulai pukul 18.30 waktu Sydney, Ahad (1/5/2022). Mayoritas Muslim Australia memang merayakan Idul Fitri pada Senin (2/5/2022).

Pelaksanaan acara Tarling ini diinisiasi dan dipandu oleh teman-teman Iqra Foundation yang merupakan komunitas Muslim Indonesia di Australia. Rute tarling ini dimulai dari masjid Iqro’ Wiley Park dan berakhir di Masjid Ali, Lakemba.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Suasana Lebaran di Sydney kali ini terasa cukup meriah," kata Bambang Hariyanto, mahasiswa S3 di Western Sydney University, kepada Diplomasi Republika.

Menurut dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta ini, sejumlah politisi dan pejabat publik non-Muslim ikut hadir dalam perayaan Idul Fitri di sejumlah komunitas Muslim. Di Masjid Ali Lakemba misalnya, hadir Premier NSW Australia Dominic Perrottet.

Bahkan Perdana Menteri Australia Scott Morrison juga turut hadir dalam perayaan Idul Fitri yang digelar Komunitas Muslim Kota Parramatta. Kehadiran mereka secara langsung di lokasi untuk memberikan apresiasi dan ucapan secara langsung pada Muslim Australia.

Ada beberapa titik konsentrasi yang digunakan sebagai tempt pelaksanaan perayaan Idul Fitri di Sydney Australia, seperti Bankstown, Lakemba, Puncbowl, Wiley Park, Parramatta, dan beberapa tempat lainnya.

Shalat Idul Fitri di Masjid Ali di Lakemba, Sydney, Senin (2/5/2022).  (Dok. Istimewa)
Shalat Idul Fitri di Masjid Ali di Lakemba, Sydney, Senin (2/5/2022). (Dok. Istimewa)

Namun, Masjid Ali Lakemba menjadi titik lokasi yang paling banyak jamaahnya, Ada ribuan Muslim tumpah ruah dari dalam masjid hingga ke jalan-jalan sepanjang Wange Road Street untuk turut serta dalam shalat Idul Fitri.

Lakemba menjadi daerah dengan konsentrasi paling banyak karena di tempat ini pula banyak aktivitas dan komunitas Muslim berada. Selain itu, di dekat masjid Ali Lakemba ini pula selama sebulan penuh diadakan Bazar Ramadhan setiap malam atau Ramadhan Night.

Masjid Ali dikelola Lebanese Muslim Association (LMA). Masjid ini menjadi simbol dan kebanggaan bagi seluruh umat Islam di Australia. Di Masjid ini pula banyak warga Indonesia di Sydney sering berkumpul dan melaksanakan shalat lima waktu maupun ikut dalam pelaksanaan perayaan shalat Idul Fitri dan Idul Adha.

"Bagi saya, dapat hadir serta turut melaksanakan shalat Idul Fitri di Masjid Lakemba memberikan kesan tersendiri. Apalagi, sudah dua kali momen Lebaran tanpa ada pelaksanaan shalat secara bersama-sama," kata Bambang. (yen)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image