Catat, Band Militer Inggris Ini Bakal Tampil di Pesantren Darunnajah

Militer  
Salah satu penampilan band militer Inggris, Nottinghamshire Band of the Royal Engineers. (Dok. Kedubes Inggris di Jakarta)
Salah satu penampilan band militer Inggris, Nottinghamshire Band of the Royal Engineers. (Dok. Kedubes Inggris di Jakarta)

DIPLOMASI REPUBLIKA, JAKARTA -- Sebanyak 10 personel band dari Angkatan Darat Inggris, Nottinghamshire Band of the Royal Engineers akan mengunjungi Indonesia. Mereka di Indonesia 29 Mei hingga 1 Juni 2022. Band ini akan tampil di Pondok Pesantren Darunnajah di Ulujami, Jakarta, pada Senin (30/5/2022).

“Tahun ini menandai 70 tahun pengabdian Yang Mulia Ratu Elizabeth II kepada rakyat Inggris Raya, Kerajaan dan Persemakmuran – ini benar-benar kesempatan yang menarik bagi Inggris untuk merayakan kemitraan besar kami dengan Indonesia termasuk dengan para siswa Darunnajah," kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins, dalam pernyataan tertulis yang diterima Diplomasi Republika.

Dubes Jenkins akan hadir dalam acara tersebut. Menurutnya, penampilan band ini diharapkan akan menjadi pengalaman yang mengesankan bagi para siswa muda Darunnajah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Kami berharap beberapa akan terinspirasi untuk menekuni dan belajar alat musik dan saya harap para siswa akan terhibur,” katanya.

Pertunjukan ini adalah bagian dari kemitraan Pesantren Darunnajah dan Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris. Band Nottinghamshire Band of the Royal Engineers juga akan tampil dalam perayaan 70 tahun tahta Yang Mulia Ratu Elizabeth II atau Queen's Platinum Jubilee. Di Indonesia, acara itu dirayakan pada Kamis (31/5/2022).

Pesantren tersebut memiliki sejarah panjang dalam bekerja sama dengan Kedubes Inggris dan British Council untuk mendukung pemahaman budaya dan meningkatkan pengajaran bahasa Inggris. Perdana Menteri Inggris Tony Blair pernah mengunjungi pesantren ini pada 2006.

Program yang dijalin antara lain upaya mempromosikan kewirausahaan, pemahaman lintas budaya dan peningkatan pengajaran bahasa Inggris. Melalui program Connecting Classrooms British Council yang bermitra dengan ribuan sekolah di dunia dengan Inggris, Darunnajah menjalin hubungan dengan sebuah sekolah Katolik di Yorkshire, Inggris.

"Pondok Pesantren Darunnajah memiliki hubungan yang erat dengan Inggris selama lebih dari 16 tahun. Kemitraan ini diprakarsai oleh kunjungan Perdana Menteri Tony Blair pada 2006. Sejak saat itu, kami mengadakan program pertukaran pelajar-guru dengan Holy Family Catholic School di Keighley, West Yorkshire," kata Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah Dr KH Sofwan Manaf, sambil menambahkan bahwa program itu bahkan terus diperluas.

Ini lagu mereka

Band ini terdiri dari dua Cornets, dua Clarinets, satu Tenor Saxophone, dua Trombones, satu bass Trombone, satu Baritone Saxophone, dan satu French Horn. Tradisi ini dimulai pada tahun 1557 di Inggris.

Hingga kini, tradisi itu masih berkembang. Ada lima band Divisi Rumah Tangga yang melayani Keluarga Kerajaan, delapan band Regional dan 20 Band Cadangan Militer yang berlokasi di Inggris dan di seluruh dunia, di antaranya Nottinghamshire Band dari Royal Engineers adalah salah satunya – terletak di Nottinghamshire, Inggris.

Lagu-lagu yang akan dibawakan di Pesantren Darunnajah adalah lagu kebangsaan Indonesia Raya dan God Save The Queen. Lagu lainnya antara lain Army of the Nile, Mr Jums, Soon may the wellerman come, Havana, Someone to watch over me, Hall of the Mountain King, dan September. Elizabeth Pearce akan tampil solo dengan trombone, memainkan lagu The Acrobat.

Sementara itu, mewakili Nottinghamshire Band of the Royal Engineers, Staff Sergeant (Drum Major) Andy Garner, mengaku sangat senang dapat mengunjungi Indonesia untuk pertama kalinya dalam sejarah band ini.

“Ini merupakan kehormatan besar untuk mewakili Angkatan Darat Inggris dan Band Nottinghamshire dari Royal Engineers. Musik adalah bahasa internasional dan kami berharap hal ini membawa banyak kegembiraan bagi penonton, seperti halnya kami yang juga merasa senang karena bisa tampil,” kata Garner. (yen)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image