Sri Sultan Hamengkubuwono X Raih Anugerah Bintang Tanda Jasa dari Jepang

Kabar Diplomasi  
Sri Sultan Hamengku Buwono X (kiri) dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji, Selasa (28/6). (Dok. Kedubes Jepang di Jakarta)
Sri Sultan Hamengku Buwono X (kiri) dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji, Selasa (28/6). (Dok. Kedubes Jepang di Jakarta)

DIPLOMASI REPUBLIKA, JAKARTA -- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mendapat anugerah Bintang Tanda Jasa Jepang "The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star", Selasa (28/6). Upacara digelar di kediaman Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji. Acara ini dihadiri oleh keluarga Keraton Yogyakarta dan para undangan.

"Sri Sultan Hamengku Buwono X pernah menyambut baik kunjungan Kaisar Jepang Akihito dan Permaisuri Michiko pada 1991 maupun kunjungan Pangeran Akishino dan Putri Kiko pada 2008," kata Dubes Kanasugi dalam keterangan tertulis yang diterima Diplomasi Republika.

Saat itu, kunjungan anggota kekaisaran Jepang itu dilakukan dalam rangka 50 tahun hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia /Tahun Persahabatan. Sang sultan memperkenalkan budaya tradisi Jawa atau juga dengan mengadakan acara jamuan makan malam, sehingga mendorong pertukaran antara Jepang dan Indonesia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Sri Sultan Hamengku Buwono X juga mendorong terwujudnya pertukaran antara Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Prefektur Kyoto, Prefektur Yamanashi dan daerah lainnya di Jepang," kata Dubes Kanasugi menambahkan.

(Dok. Kedubes Jepang di Jakarta)
(Dok. Kedubes Jepang di Jakarta)

Duta Besar Kanasugi menyampaikan rasa terima kasih juga atas kontribusi sang sultan dalam mempromosikan kerja sama antara kedua negara di bidang olahraga, pencegahan bencana, dan tanggap bencana.

Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, "Merasa terhormat atas penganugerahan ini." Ia juga menyampaikan harapan, agar kerja sama dan persahabatan antara Yogyakarta dengan masyarakat Jepang semakin meningkat ke depannya. (yen)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image