Buka 'Gerbang Budaya', Museum di Latvia Terima Tambahan Koleksi Benda Seni Indonesia

Kabar Diplomasi  
Penyerahan koleksi permanen
Penyerahan koleksi permanen "Gift of Indonesia" tersebut disaksikan antara lain oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Swedia dan Republik Latvia, Kamapradipta Isnomo. (Dok. KBRI Stockholm/Riga)

DIPLOMASI REPUBLIKA, RIGA -- Museum Seni Riga Bourse kedatangan "penghuni baru" untuk memperkaya koleksi benda seni Indonesia, Rabu (29/6/2022). Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, DR. Fadli Zon menyerahkan Keris, Songket Bali, Songket Palembang dan Gunungan kepada Direktur Jenderal Museum Seni Nasional Latvia, Māra Lācebenda. Karya seni itu untul dipajang sebagai koleksi permanen pada pojok Indonesia di Museum Seni Riga Bourse.

Penyerahan koleksi permanen "Gift of Indonesia" tersebut disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Swedia dan Republik Latvia, Kamapradipta Isnomo. Hadir pula anggota BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana, Irine Yusiana Roba Putri, Arkanata Akram, Direktur Museum Seni Riga Bourse, DR. Daiga Upeniece, dan Konsul Kehormatan RI untuk Republik Latvia, Valdis Tigalis.

”Museum adalah ’gerbang’ yang efektif untuk mempelajari budaya dan peradaban suatu bangsa. Oleh karena itu, adanya koleksi permanen benda seni Indonesia yang dipajang di Museum Seni Riga Bourse dapat menjadi gerbang bagi masyarakat Latvia untuk mengetahui dan meningkatkan minat berkunjung ke Indonesia,” kata Dubes Kamapradipta dalam keterangan tertulis yang diterima Diplomasi Republika.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Museum Seni Riga Bourse terletak di pusat Kota Riga, Latvia. Museum ini memiliki berbagai koleksi benda seni dari Asia Timur dan Tenggara, termasuk Indonesia. Benda seni asal Indonesia yang sebelumnya telah dipajang antara lain kain Songket Palembang, Kain Tenun Sumba, wayang kulit, Patung Asmat, Topeng Bali dan patung garuda.

Sebagian koleksi benda seni Indonesia di Museum Seni Riga Bourse (Dok. KBRI Stockholm/Riga)
Sebagian koleksi benda seni Indonesia di Museum Seni Riga Bourse (Dok. KBRI Stockholm/Riga)

Kunjungan Delegasi BKSAP DPR RI merupakan bagian dari rangkaian kunjungan dalam menghadiri pertemuan On the Road Meeting of the OECD Global Parliamentary Network di Riga, Latvia, 30 Juni – 1 Juli 2022. Perhelatan itu diselenggarakan oleh Parlemen Latvia, Saeima.

Pada sambutannya Fadli Zon menyampaikan,”Ini adalah kesempatan yang baik untuk meningkatkan kerja sama budaya dan people to people contact antara Indonesia dan Latvia. Saya berharap minat masyarakat Latvia untuk mempelajari budaya Indonesia semakin meningkat di tahun-tahun mendatang."

Indonesia telah menjalin hubungan bilateral dengan Latvia sejak1993. Latvia adalah mitra dagang terbesar Indonesia untuk kawasan Baltik sementara wisatawan Latvia yang berkunjung ke Indonesia tercatat sebagai wisatawan mancanegara terbesar dari Baltik. (yen)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image