Meriahkan HUT RI, Bendera Merah Putih Berkibar di Balai Kota San Francisco

Kabar Diplomasi  
Dok. KJRI  San Francisco
Dok. KJRI San Francisco

DIPLOMASI REPUBLIKA, SAN FRANCISCO -- Bendera merah putih berkibar di Balai Kota San Francisco, California, Amerika Serikat. Ini adalah bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 RI.

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya pun turut dikumandangkan bersama pengibaran bendera Merah di gedung balaikota. Pengibaran bendera dilakukan Selasa (16/8/2022) pukul 13.00 waktu setempat atau bertepatan dengan 17 Agustus di Indonesia.

“Atas nama negara dan bangsa Indonesia, kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota San Francisco yang turut memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia," kata Konsul Jenderal (Konjen) RI di San Francisco Prasetyo Hadi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dok. KJRI San Francisco
Dok. KJRI San Francisco

Peringatan kemerdekaan Indonesia kali ini membawa arti penting karena dihadiri tamu dari berbagai kalangan. Mereka antara lain beberapa pejabat pemerintah daerah di Kota San Francisco, korps diplomatik, para kepala perwakilan negara asing, dan beberapa mitra kerja KJRI San Francisco.

Hadir pula para pejabat Pemerintah Federal AS maupun kelompok bisnis, akademisi, tokoh masyarakat, diaspora, dan para ‘Indonesianis’ lokal. Mereka berasal dari berbagai latar belakang yang beragam, seperti akademisi, seniman, dan tokoh organisasi masyarakat Asia.

Dalam upacara pengibaran bendera Indonesia ini, Wali Kota Pemerintah San Francisco, London N. Breed, menyampaikan Piagam Proklamasi kepada KJRI San Francisco. Piagam itu berisi ucapan selamat dari kota dan masyarakat San Francisco atas HUT ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia. mendeklarasikan17 Agustus 2022 sebagai Hari Persahabatan dan Warisan Indonesia-Amerika di San Francisco atau Indonesian-American Friendship and Heritage Day.

Dok. KJRI San Francisco
Dok. KJRI San Francisco

“Pengibaran bendera Merah Putih di Balaikota (City Hall) San Francisco tidak hanya untuk memperingati kemerdekaan Indonesia, tetapi juga sebagai kebanggaan kita yang bertugas di wilayah kerja San Francisco karena apresiasi dan tradisi penghormatan yang tinggi oleh Pemerintah SanFrancisco kepada korps diplomatik yang bertugas”, ungkap Konjen Prasetyo dalam meterangan tertulis yang diterima Diplomasi Republika.

Sejalan dengan hal itu, Mark Chandler, Direktur Kantor Walikota San Francisco, yang menjadi tuan rumah dalam pengibaran bendera Merah Putih,mengungkapkan bahwa Indonesia adalah mitra strategis AS di kawasan Asia. Kerja sama Indonesia dengan berbagai pihak di San Francisco saat inisemakin beragam. Ini menunjukkan dekatnya hubungan kedua negara.

“Kami di San Francisco menyaksikan bahwa hubungan kerja sama dengan Pemerintah Indonesia termasuk dengan KJRI San Francisco saat ini semakin erat, tidak hanya di bidang ekonomi, tetapi juga pariwisata, sosial budayavhingga pendidikan," kata Mark Chandler.

Kegiatan pengibaran bendera negara asing di Balai Kota San Francisco merupakan tradisi yang telah berlangsung sejak 2007. Pemerintah San Francisco senantiasa menawarkan kepada perwakilan negara asing di wilayahnya untuk mengibarkan benderanya di balai kota pada hari besar nasionalnya.

“Atas pendekatan KJRI San Francisco kepada Pemerintah Kota, untuk tahun ini peringatan HUT RI di Balai Kota San Francisco terkesan sangat spesial karena tidak hanya terdiri dari pengibaran bendera Merah Putih tetapi Pemerintah Kota San Francisco juga bersedia menyalakan cahaya berwarna merah putih diseluruh gedung balaikota pada 17 Agustus 2022, untuk menghormatikemerdekaan Indonesia,” tambah Konjen Prasetyo Hadi.

Dengan momentum peringatan HUT kemerdekaan RI ke-77 ini, KJRI San Francico mengajak seluruh masyarakat dan diaspora Indonesia di wilayah kerja untuk senantiasa menjaga tali persaudaraan, persatuan dan kesatuan, serta kerukunan. "Semua itu merupakan modal penting bagi kita untuk bergerak demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia di tengah tantangan yg semakin meningkat.

"Kita terus kembangkan dan pertahankan profil positif bangsa Indonesia yang demokratis, toleran, sebagai sebagai bangsa yang besardengan kekayaan keberagaman masyarakat Indonesia yang plural," kata Konsul Pensosbud di San Francisco Mahmudin Nur Al-Gozaly.

Dok. KJRI San Francisco
Dok. KJRI San Francisco

Ia menjelaskan, peringatan kemerdekaan Indonesia di balaikota San Francisco menjadi salah satu rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-77 RI oleh KJRI San Francisco yang melibatkan berbagai spektrum kalangan luas. Hal ini dimaksudkan untuk menambah kemeriahan dan kesemarakan dalam upaya memperingati lahirnya negara Republik Indonesia. (yen)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image