Di Gothenburg, Negara-Negara ASEAN Jajaki Kolaborasi Bisnis

Kabar Diplomasi  
Dok. KBRI Stockholm
Dok. KBRI Stockholm

DIPLOMASI REPUBLIKA, GOTHENBURG -- Sejumlah pertemuan digelar para duta besar (dubes) anggota Komite ASEAN di Stockholm (ACS) dengan pemangku kepentingan kunci di pemerintahan dan sektor bisnis wilayah tersebut. Negara ASEAN yang tergabung dalam ACS adalah Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam.

"Pada periode Keketuaan Indonesia dalam ACS ini, kami ingin pererat hubungan kerja sama negara-negara ASEAN dengan industri di Kota Gothenburg, yang terkenal sangat maju di bidang pemanfaatan teknologi hijau dan berkelanjutan," ujar Dubes RI di Stockholm Kamapradipta Isnomo, dalam keterangan tertulis yang diterima Diplomasi Republika, Kamis (6/10/2022).

Program kerja yang difasilitasi oleh KBRI Stockholm dan Business Region Gothenburg ini mencakup courtesy call kepada Gubernur Västra Götaland Sten Tolgfors dan Walikota Gothenburg Anneli Rhedin. Pertemuan bisnis juga digelar dengan wakil Business Region Gothenburg, Volvo Group, Volvo Cars, Lindholmen Science Park, HSB Living Lab dan Aqua Robur.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Industri dan sektor bisnis di Kota Gothenburg tengah berkembang pesat dan ke depannya perlu bekerja sama dengan banyak pihak, tidak terkecuali dengan negara-negara sahabat di wilayah Asia Tenggara," ujar Gubernur Tolgfors.

Hal senada juga disampaikan oleh Walikota Gothenburg. "Kota Gothenburg dan negara-negara ASEAN memiliki kesamaan prioritas, yaitu meningkatkan perdagangan dan mendorong kemajuan industri. Saya yakin pelaku bisnis kita dapat berkolaborasi di berbagai bidang yang kedepankan teknologi berkelanjutan dan ramah lingkungan," ujar Walikota Rhedin.

Dok. KBRI Stockholm
Dok. KBRI Stockholm

Kota Gothenburg merupakan salah satu pusat riset dan pengembangan teknologi hijau dan berkelanjutan di Swedia. Merek ternama yang lahir di wilayah ini adalah Volvo, yang saat ini tengah mendorong pemajuan elektrifikasi transportasi pribadi dan umum.

Di samping itu, Gothenburg juga menjadi pusat tumbuhnya startup di bidang teknologi masa depan. Ekosistemnya didukung oleh keberadaan tiga kawasan khusus riset dan pengembangan, yaitu Lindholmen Science Park, Johanneberg Science Park, dan Sahlgrenska Science Park.

Program kunjungan bisnis ke Gothenburg disambut antusias oleh seluruh kedutaan besar anggota ACS. Kesempatan langka ini dimanfaatkan untuk bertukar pikiran dan belajar best practices dari pihak pemerintahan daerah serta pelaku bisnis di wilayah tersebut. Kunjungan ini diharapkan menghasilkan kerja sama yang konkrit di masa mendatang, baik bagi Indonesia maupun negara-negara ACS lainnya. (yen)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image