Angkat Budaya Indonesia Timur, Stockholm Gelar Pasar Malam Indonesia

Kabar Diplomasi  
Dok. KBRI Stockholm
Dok. KBRI Stockholm

DIPLOMASI REPUBLIKA, STOCKHOLM -- Alunan gamelan, live band, angklung, dan canda tawa menggema dari Hallunda Folkets Hus pada Sabtu (15/10/2022). Saat itu, Pasar Malam Indonesia digelar oleh asosiasi persahabatan Swedia – Indonesia, Svensk-Indonesiska Sällkapet (SIS) bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Stockholm.

“Acara Pasar Malam 2022 ini adalah suatu kolaborasi antara KBRI Stockholm dengan Svensk-Indonesiska Sällskapet, atau Sweden-Indonesia Society di Stockholm, Swedia. Selain memperkenalkan budaya dan kuliner Nusantara kepada publik Swedia, juga diharapkan dapat menarik minat warga Swedia untuk berwisata ke Indonesia,” kata Duta Besar (Dubes) RI untuk Swedia Kamapradipta Isnomo, kepada Diplomasi Republika, Ahad (16/10/2022).

Sekitar 300 pengunjung menonton pertunjukan gamelan, tari-tarian, live band interaktif, angklung, dan perlombaan peragaan busana anak-anak. Mereka juga menikmati jajanan tradisional dan kerajinan tangan khas Indonesia yang dijajakan oleh 13 gerai diaspora Indonesia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dok. KBRI Stockholm
Dok. KBRI Stockholm

“Selama ini saya cukup sering ke Asia seperti Thailand dan China. Namun, ini yang pertama kali saya melihat langsung budaya dan menikmati kuliner Nusantara. Saya akan pertimbangankan secara positif untuk berwisata ke Indonesia,” tutur Ulf Sundqvist, seorang warga Swedia yang tinggal di Stockholm.

Untuk warga Indonesia di Swedia, acara tahunan Pasar Malam ini merupakan ’obat kangen’ akan nikmatnya makanan, minuman, dan berkumpul dengan sesama warga Indonesia di perantauan. Sedangkan bagi warga Swedia, Pasar Malam memberikan kesempatan untuk merasakan suasana Indonesia dalam pertunjukan budaya dan petualangan kuliner eksotik.

Pasar Malam Indonesia tahun ini mengambil tema budaya Indonesia Timur. Pada acara puncak disampaikan penghargaan bagi pengunjung dan peserta bazaar yang berbusana terbaik khas Indonesia Timur yang dimenangkan oleh pasangan Swedia-Indonesia, Isabel dan Marco. Keduanya juga aktif mempromosikan kopi dari Flores untuk para pengunjung.

Dok. KBRI Stockholm
Dok. KBRI Stockholm

Penghargaan juga diberikan kepada warga Swedia yang dianggap sangat mencintai Indonesia. Tahun ini penghargaan tersebut dipersembahkan kepada Herman Brundin yang selama ini sangat aktif dalam berbagai kegiatan terkait Indonesia dan menganggap Indonesia sebagai tanah air keduanya.

Dok. KBRI Stockholm
Dok. KBRI Stockholm

Pasar Malam merupakan kegiatan tahunan yang telah diselenggarakan rutin selama 20 tahun terakhir, dengan perkecualian tahun 2020 ketika pandemi COVID-19 mencapai puncaknya di Swedia. (yen)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image