INACHAM di Hong Kong Rayakan HUT ke-5

Kabar Diplomasi  
Dok. KBRI Beijing
Dok. KBRI Beijing

.DIPLOMASI REPUBLIKA, HONG KONG -- Indonesia Chamber of Commerce in Hong Kong (INACHAM) menyelenggarakan peringatan hari jadinya yang ke-5, Rabu (30/11/2022). Acara ini didukung Kedutaan Besar RI Beijing dan Konsulat Jenderal RI di Hong Kong dan digelar di Hotel Hyatt Centric Victoria Harbour Hong Kong.

Hadir dalam kegiatan ini Dubes RI untuk China Djauhari Oratmangun, Konjen Ricky Suhendar, Ketua Inacham Tjia Boen Sien, Committee Chairman CGCC Jonathan Lamport, para general manager Himpunan Bank Negara cabang Hong Kong serta lebih dari 200 kalangan bisnis Hong Kong.

INACHAM merupakan sebuah Kamar Dagang dan Industri Indonesia di Hong Kong, yang didirikan secara resmi pada 30 November 2017. Pendirian ini tindaklanjut kunjungan resmi Presiden RI Joko Widodo ke Hong Kong pada Mei 2017.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

INACHAM dalam kegiatannya bekerja sama dengan KJRI Hongkong mewadahi kegiatan promosi perdagangan dan investasi serta menjembatani pelaku bisnis dan professional Hong Kong dan Indonesia. Selain itu INACHAM juga berperan dalam memperkuat dan mempromosikan hubungan sosial budaya dan people to people contact antara Hong Kong dan Indonesia.

Dubes Djauhari menyampaikan apresiasi kepada INACHAM atas kerja samanya yang telah terjalin dengan sangat baik. Menurutnya, selama ini INACHAM memperkuat hubungan ekonomi, perdagangan, dan investasi Indonesia dan Hong Kong.

"Semoga INACHAM dapat terus berperan aktif dalam membantu kalangan bisnis Hong Kong memiliki pemahaman lebih luas terkait Indonesia serta berbagai peluang kerja sama antara kedua negara," kata Dubes Djauhari.

Dok. KBRI Beijing
Dok. KBRI Beijing

Lebih lanjut Dubes Djauhari juga berkesempatan untuk menyampaikan perkembangan terkini hubungan bilateral Indonesia dan China. Hubungan baik ini tercermin dari kunjungan Presiden China Xi Jinping dalam KTT G-20 di Bali beberapa waktu yang lalu.

Presiden Joko Widodo dan President Xi Jinping telah melakukan pembicaraan bilateral dan secara bersama telah menyaksikan peluncuran uji coba kereta cepat Jakarta Bandung. Ini adalah flagship program kerja sama Belt and Road Initiatives (BRI) dan Global Maritime Fulcrum (GMF), selain berbagai proyek strategis lainnya.

Pertemuan Presiden RI dan Chief Executive Hong Kong SAR John Lee di sela-sela APEC Economic’s Leaders Meeting di Bangkok bulan ini juga semakin menegaskan hubungan baik Indonesia dan Hong Kong.

Dok. KBRI Beijing
Dok. KBRI Beijing

Dari sisi perdagangan dan investasi, hubungan Indonesia - China dan Hong Kong cenderung meningkat setiap tahunnya. Untuk 2022, diperkirakan total perdagangan Indonesia – China dan Hong Kong hingga akhir tahun akan mencapai 120 miliar dolar AS. Periode Januari - Oktober saja sudah mencapai 122 miliar dolar AS. Hal ini membuat China sebagai mitra dagang terbesar Indonesia selama 9 tahun berturut-turut.

Dalam hal investasi RRT dan Hong Kong juga menempati urutan kedua dan ketiga sebagai penyumbang investasi asing setiap tahunnya. Pebisnis yang hadir dalam acara ini menyampaikan keinginan kepada Konjen RI untuk memperbanyak dan memperluas Investasi dan perdagangnya dengan Indonesia.

Pada malam perayaan hari jadi INACHAM dimaksud, ditampilkan pula berbagai kebudayaan Indonesia seperti Tari Gantar dari Kalimantan Timur yang melambangkan kegembiraan dan keramah-tamahan pemuda dan pemudi Dayak dalam menyambut tamu yang datang ke Kalimantan timur. Tak lupa, hadir juga Tari Merak dari Jawa Barat. (yen)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image