IEC, Pusat Makanan Indonesia yang Kini Hadir di Shanghai

Kabar Diplomasi  
Dok. KBRI Beijing
Dok. KBRI Beijing

DIPLOMASI REPUBLIKA, SHANGHAI -- Kolaborasi yang apik di Shanghai, China, melahirkan Indonesia Experience Center (IEC) yang diluncurkan 17 Desember 2022. IEC ini berlokasi di Sinar Mas Plaza Lantai 1 Shanghai. Kolaborasi ini terdiri dari KBRI Beijing, KJRI Shanghai, Indonesia Trade Promotion Center (ITPC Shanghai), Indonesia Chamber of Commerce di China (INACHAM), APP Sinar Mas, perusahaan-perusahaan Indonesia yang eksis di China, serta diaspora Indonesia.

Peluncuran tersebut diresmikan Duta Besar (Dubes) RI Beijing Djauhari Oratmangun bersama Konsul Jenderal RI Shanghai Deny W. Kurnia, Kepala ITPC (Indonesia Trade Promotion Center), dan Chairman INACHAM Liky Sutikno, serta dihadiri oleh para pejabat dari Konsulat Asing, Pemerintah daerah setempat, media, serta masyarakat umum.

“Saya bangga sekali setelah sukses dan berakhirnya G-20 di Bali, kita bisa meresmikan Indonesia Experience Center sebagai hasil kerja sama Indonesia incorporated di China. Indonesia yang Sukses dengan penyelenggaraan G-20 dan Keberhasilan Pertemuan Bilateral Presiden Joko Widodo dan Presiden Xi Jinping, perlu semakin eksis di China. Keberadaan IEC salah satunya,” kata Dubes Djauhari Oratmangun, dalam keterangan tertulis yang diterima Diplomasi Republika, Ahad (18/11/2022).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dok. KBRI Beijing
Dok. KBRI Beijing

Sementara itu, Konjen Deny W. Kurnia menegaskan, “Hari ini merupakan hari yang sangat penting. Selama bertahun-tahun, kami bermimpi untuk memiliki venue terintegrasi yang berfungsi sebagai sarana promosi untuk semua aspek yang terkait dengan Indonesia, baik itu perdagangan, pariwisata, dan investasi, serta seni dan budaya.”

Sementara Chairman INACHAM Liky Sutikno mengatakan, “Apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dan mendukung pembangunan IEC antara lain KBRI Beijing, KJRI Shanghai, Sinar Mas, Yantyty, Indonesian Street, dan Kapal Api."

Dok. KBRI Beijing
Dok. KBRI Beijing

Liky juga menyampaikan apresiasi kepada pihak arsitek dan kontraktor. Ia berharap, ke depannya IEC dapat menghasilkan lebih banyak karya dan produk Indonesia yang pada gilirannya dapat menguatkan kerja sama Indonesia dan China.

Saat ini, IEC adalah work in progress yang bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung dan nyata tentang Indonesia di Shanghai. Mulai dari makanan dan minuman, serta batik dan furniture untuk kelas menengah dan atas hingga tampilan promosi pariwisata serta seni dan budaya Indonesia.

Dok. KBRI Beijing
Dok. KBRI Beijing

Ke depannya, masyarakat bisa datang ke IEC dan belajar bahasa Indonesia, tarian Indonesia, serta menikmati makanan dan minuman khas Indonesia. Lokasi yang strategis di Sinar Mas Plaza yang populer di Shanghai semakin membuat IEC ini juga menarik untuk dikunjungi.

IEC diproyeksikan untuk juga menjadi salah satu pintu depan Indonesia di Shanghai dalam meningkatkan hubungan Indonesia dengan China di bidang perdagangan, pariwisata, investasi, dan kontak antar masyarakat. Dubes Djauhari juga berharap bahwa kolaborasi seperti ini bisa juga menginisiasi IEC untuk tumbuh juga di kota-kota utama lainnya di China. (yen)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image