20 Oktober, Perayaan Ulang Tahun Bangunan Ikonik di Sydney

Sejarah Hari Ini  
Refleksi Gedung Sydney Opera House di Australia, Selasa (29/6/2021) (dok.AAP/Republika)
Refleksi Gedung Sydney Opera House di Australia, Selasa (29/6/2021) (dok.AAP/Republika)

DIPLOMASI REPUBLIKA,-- Setiap tanggal 20 Oktober Sydney Opera House merayakan ulang tahunnya. Tahun 2023 ini, Sidney Opera House genap berusia 50 tahun. Perayaannya pun berlangsung semarak dengan pertunjukan cahaya dan tur gratis.

Proyek pembangunan gedung opera itu dimulai pada 1954. Ketika itu Menteri Utama New South Wales, Joe Cahill, membentuk komisi untuk merancang suatu bangunan yang dapat menjadi ikon atau ciri negara bagian yang tak lekang oleh zaman.

Kemudian pada tahun 1956, diselenggarakanlah suatu kompetisi desain internasional untuk gedung opera terbaik. Dari 233 karya desain yang dikirim dari seluruh dunia, karya arsitek Denmark, Jørn Utzon (38 tahun), yang terpilih sebagai pemenangnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Proyek pembangunan gedung opera dimulai pada 1958. Menurut Utzon, diperlukan waktu sekitar 18 bulan untuk mengembangkan desain untuk proyek itu. Pembangunan konstruksi pun dimulai pada 1959 dengan estimasi proyek akan diselesaikan dalam waktu empat tahun. Namun, proyek pembangunan opera itu selesai 14 tahun kemudian.

Ratu Elizabeth II meresmikan Sydney Opera House pada 20 Oktober 1973. Gedung opera ini dianggap sebagai satu di antara desain arsitektur terbesar pada abad ke-20.

Banyak dinamika yang terjadi selama pembangunan gedung ikonik itu yang memakan waktu lama pengerjaannya. Selain kematian Cahill, juga ada kemunculan sengketa pada 1966, antara Utzon dan pemerintah negara bagian terkait kemajuan proyek sehingga Utzon mengundurkan diri.

Pengunduran Utzon ini membuat masyarakat yang mendukung keprofesionalan Utzon melakukan aksi demonstrasi. Sebanyak lebih dari 1.000 orang berbaris di gedung parlemen. Mereka mendukung kembalinya Utzon ke proyek itu.

Sayangnya, Utzon tidak kembali terlibat dalam proyek meskipun ada banyak upaya rekonsiliasi. Namun, pada 2004, dia menerima undangan kolaborasi untuk mendesain sejumlah bagian gedung opera.

Hingga kini, Sydney Opera House menjadi salah satu gedung pertunjukan di dunia yang ramai dikunjungi masyarakat setiap tahunnya. Sydney Opera House masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO pada 2007. (rin)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image