Selain Paspor Biasa, Ada Paspor Diplomatik dan Paspor Dinas, Bedanya Apa?

Serba Indonesia  
Bentuk paspor biasa, paspor dinas, dan paspor diplomatik (dok. kemenkumham babel)
Bentuk paspor biasa, paspor dinas, dan paspor diplomatik (dok. kemenkumham babel)

DIPLOMASI REPUBLIKA--Warga negara Indonesia memerlukan paspor untuk bepergian ke luar negeri. Selain jenis paspor biasa, ada pula paspor diplomatik dan paspor dinas. Berikut perbedaan antara paspor dinas dan paspor diplomatik, dikutip laman Kemenlu, Selasa (17/10/2023), antara lain:

1. Paspor Diplomatik

Paspor ini dikeluarkan untuk diplomat dan pejabat pemerintah lainnya untuk tugas yang berhubungan dengan perjalanan internasional, dan untuk tugas pendampingan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebagian besar orang dengan kekebalan diplomatik membawa paspor diplomatik, tetapi memiliki paspor diplomatik tidak sama dengan memiliki kekebalan diplomatik.

Pemberian status diplomatik, yang merupakan hak istimewa dari yang kekebalan diplomatik, harus berasal dari pemerintah negara yang memberikan status diplomatik.

Yang perlu diingat juga bahwa memiliki paspor diplomatik tidak berarti bebas visa perjalanan. Seorang pemegang paspor diplomatik harus mendapatkan visa non-diplomatik ketika bepergian ke negara yang dia tidak juga akan diakreditasi sebagai diplomat, jika visa diperlukan untuk warga negaranya.

2. Paspor Dinas

Layanan Paspor atau Paspor khusus yang dikeluarkan bagi pegawai pemerintah untuk tugas yang berhubungan dengan perjalanan internasional, dan untuk tugas pendampingan.

Paspor Diplomatik dan Paspor Dinas dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Adapun paspor diplomatik sampulnya berwarna hitam, sedangkan paspor dinas berwarna biru.

Hubungan diplomatik dan konsuler antara negara diatur masing-masing dalam Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik tahun 1961 dan Konvensi Wina tentang Hubungan Konsuler 1963. (zed)

dok: kemenlu
dok: kemenlu

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image