Hati-Hati, Video Konflik Israel-Hamas Ini Ternyata Cuplikan Game

Mancanegara  
Tangkapan layar gim video Squad (Offworld Industries /Youtube)
Tangkapan layar gim video Squad (Offworld Industries /Youtube)

DIPLOMASI REPUBLIKA – Misinformasi, salah penafsiran, berita palsu, dan salah penerjemahan ternyata beredar di seputar konflik Israel-Hamas. Laporan Associated Press awal pekan ini menyebutkan, salah satunya adalah video yang diiringi keterangan serangan Hamas terhadap tank Israel.

Sebuah video menunjukkan seorang tentara berjalan di antara kendaraan militer. Saat ada tank melewatinya, dia berteriak, ”Biarkan lewat!”.

Serangan udara mengenai tank dan sang tentara terpental secara dramatis. Video yang beredar di platform media sosial X ini diberi keterangan, “Kejadian tank israel yang hancur akibat serangan Hamas ”

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Di akun lain, ada unggahan dengan kapsion sama dalam bahasa Urdu. Menurut Assoociated Press, unggahan itu mendapat lebih dari 18 ribu tanda suka.

Aslinya? Video itu ternyata citra hasil kreasi komputer yang berasal dari cuplikan trailer dari gim video Squad. Gim ini dirilis Desember 2022 yang dikembangkan Offworld Industries. Saat berita ini ditulis, belum ada pernyataan dari pihak pengembang.

Namun, ini bukan pertama kalinya cuplikan gim video “diselewengkan” sebagai rekaman perang sesungguhnya. Sebelumnya, video simulasi gim Arma 3 telah beredar luas di media sosial dan diklaim sebagai rekaman perang terbaru dari konflik di Timur Tengah dan perang di Ukraina. Saatnya kita kian hati-hati saat berbagi unggahan di media sosial. (ost)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image