Logo Hakordia 2023 Versi KPK, Ini Link untuk Mengunduhnya

Serba Indonesia  
Logo Hakordia 2023 (dok.KPK/Republika)
Logo Hakordia 2023 (dok.KPK/Republika)

DIPLOMASI REPUBLIKA--Setiap tahunnya, pada tanggal 9 Desember, Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) diperingati sebagai bentuk komitmen dunia dalam melawan korupsi. Hakordia ditetapkan oleh PBB sejak tahun 2003.

Melalui Hakordia, negara-negara ingin menunjukkan peran dan tanggung jawabnya dalam upaya pemberantasan korupsi yang telah menjadi kejahatan yang luar biasa. Di Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar peringatan Hakordia dengan sosialisasi, kampanye, dan penyadaran bahaya korupsi kepada masyarakat melalui berbagai program dan acara.

Tahun 2023, KPK mengambil tema, “Sinergi Berantas Korupsi, Untuk Indonesia Maju”. Dengan tema ini, KPK ingin melibatkan peran serta masyarakat dan partisipasi publik untuk meningkatkan kesadaran dalam pemberantasan korupsi. "Masyarakat dapat menjadi aktor utama dengan terus menumbuhkan inisiatif dan rasa kepemilikan masyarakat dalam pemberantasan korupsi," tulis pernyataan di laman resmi KPK, Kamis (7/12/2023).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam lamannya, KPK menjelaskan arti dan makna dari desain Logo Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023, yang menampilkan ilustrasi orang saling bergenggaman atau bergandengan erat dan bersatu dalam keanekaragaman yang digambarkan dengan banyak warna. Logo tersebut merupakan logo abstrak yang menggambarkan semangat melawan dan memberantas korupsi di Indonesia.

Tema dalam logo Hakordia 2023 juga bermakna sebagai berikut:

- Kata “Sinergi” bermakna kolaboratif yang melibatkan partisipasi seluruh pihak dalam memberantas korupsi. Kata ini juga mengandung makna optimisme Indonesia untuk bersinergi memberantas korupsi.

- Kata “Berantas” bermakna semangat, daya juang, kebangkitan, dan tidak permisif terhadap korupsi.

- Kata "Indonesia Maju" terinspirasi dari tema HUT ke-78 RI, "Terus Melaju untuk Indonesia Maju". Kata ini merupakan harapan dari upaya pemberantasan korupsi yang berkelanjutan untuk mewujudkan Indonesia maju.

Pembukaan puncak peringatan Hakordia 2023 akan dilaksanakan pada 12 Desember 2023. Kegiatan bertempat di Ruang Utama/Arena Istora Gelora Bung Karno (Istora Senayan) Jakarta dan dapat disaksikan secara langsung melalui media sosial KPK.

Rencananya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, hadir untuk membuka secara resmi rangkaian Hakordia 2023. Kegiatan ini juga akan dihadiri para menteri, kepala lembaga, kepala daerah, dan perwakilan mitra KPK dari seluruh Indonesia.

Berikut ini link untuk mengunduh (download) logo resmi Hakordia 2023 beserta informasi kegiatan lainnya. https://www.kpk.go.id/hakordia2023/index.html#unduh

(zed)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image