Dilelang, Menu Bertanda Tangan Mao Zedong

Mancanegara  
Menu bertandatangan Mao Zedong.  (RR Auction/AP)
Menu bertandatangan Mao Zedong. (RR Auction/AP)

DIPLOMASI REPUBLIKA, BOSTON – RR Auction melelang selembar kertas menu jamuan resmi kenegaraan bertandatangan tokoh legendaris China, Mao Zedong. Nilai yang ditawarkan adalah 275 ribu dolar AS.

“Memegang menu yang ditandatangani Mao Zedong dan Zhou Enlai adalah seperti memegang serpihan dari masa lalu –serpihan yang menceritakan hubungan diplomatik, pertukaran budaya, dan membangun persahabatan yang bertahan selama puluhan tahun,” ujar Wakil Presiden Eksekutif RR Auction Bobby Livingston, 8 Desember lalu.

Kertas menu itu memang tak hanya ditandatangani Mao, tetapi juga lima tokoh China saat itu termasuk perdana menteri China saat itu, Zhou Enlai. Menu itu ditandatangani pena fountain.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kertas menu itu berasal dari jamuan resmi yang digelar di Beijing, China, pada 19 Oktober 1956. Jamuan ini digelar untuk menyambut kunjungan resmi pertama kalinya yang dilakukan Perdana Menteri Pakistan saat itu, Huseyn Shaheed Suhrawardy. Sedangkan menu itu menampilkan sejumlah makanan yang disajikan, berasal dari kedua negara, termasuk sajian bebek peking panggang dan sirip hiu. (ost)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image