Kapal Perang Iran Masuki Laut Merah. Akankah Suasana Lebih Panas?

Militer  
Tangkapan layar dari Kapal Perang Iran, Alborz, yang memasuki Laut Merah (1/1/2024) (Voanews/Reuters/Republika)
Tangkapan layar dari Kapal Perang Iran, Alborz, yang memasuki Laut Merah (1/1/2024) (Voanews/Reuters/Republika)

DUBAIKapal Perang Iran, Alborz, memasuki Laut Merah di tengah ketegangan di rute pelayaran kapal kargo tersebut. Houthi, yang memperoleh dukungan Iran, melakukan serangan terhadap kapal-kapal sebagai bagian dukungan terhadap perjuangan Hamas di Gaza.

Masuknya Alborz ke perairan Laut Merah dilaporkan kantor berita semi-resmi Iran, Tasnim, Senin (1/1/2024). Tasnim tak menyampaikan secara perinci soal misi, tetapi kapal perang ini telah menjalankan operasi sejak 2009.

Tugasnya mengamankan rute pelayaran, memerangi perompakan, dan menjalankan tugas lainnya. Alborz memasuki Laut Merah melalui Selat Bab al-Mandab, tetapi tak disebutkan kapan. Laporan tak terkonfirmasi melalui media sosial menyebut Sabtu (30/12/2023) tengah malam.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Press TV menjelaskan, kapal ini menjadi bagian kekuatan Angkatan Laut Iran, bersama kapal pendukung Bushehr yang berpatroli di Teluk Aden, bagian utara Samudra India, dan Selat Bab Al-Mandab yang telah berlangsung sejak 2015.

Pihak AS, khususnya US Fifth Fleet, enggan berkomentar mengenai pergerakan kapal perang ini. ’’Kami tidak bisa berbicara atas nama AL Iran atau mengomentari laporan yang tak terkonfirmasi atas pergerakan kapal perang Iran.’’

Di sisi lain, Houthi telah menargetkan kapal-kapal kargo yang melewati Laut Merah sejak November 2023 untuk menunjukkan dukungan Hamas yang berperang melawan Israel. Serangan terakhir menargetkan kapal Maersk Hangzhou milik perusahaan kargo Maersk.

Hal ini mereka tegaskan setelah kapal kargo mereka, Maersk Hangzhou diserang dengan sebuah rudal oleh Houthi sekitar pukul 17.30 waktu setempat pada Sabtu (30/12/2023), 55 mil barat daya wilayah Al Hodeidah, Yaman.

Menurut Pusat Komando AS (CENTCOM), kapal perang AS... (buka halaman 2)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image