Sejarah: Pada 1997, Dolly Si Domba Hasil Kloning Diumumkan

Sejarah Hari Ini  
Dolly pada 2009 (Toni Barros/Wikimedia)
Dolly pada 2009 (Toni Barros/Wikimedia)

DIPLOMASI REPUBLIKA, -- Masih ingat Dolly, si domba hasil kloning? Pada 22 Februari 1997, keberadaan Dolly diumumkan kepada publik. Dolly adalah hasil kloning hewan menyusui pertama di dunia.

Laman Britannica menyebutkan, saat itu pengumuman disampaikan tim ilmuwan Inggris yang dipimpin Profesor Sir Ian Wilmut di Roslin Institute. Lembaga tersebut berlokasi di Edinburgh, Skotlandia.

Menurut keterangan University of Edinburgh yang dikutip Inews.co.uk pada 8 Desember lalu, "Dolly dikloning dari sebuah sel yang berasal dari sel kelenjar susu domba Finn Dorset berusia enam tahun dan sel telur dari domba Scottish Blackface."

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Wajah Dolly yang putih menjadi tanda bahwa ia hasil kloning. Karena, jika ia hasil pembuahan normal, maka seharusnya Dolly berwajah hitam seperti ibu kandungnya.

Mengapa dinamai Dolly?

University of Edinburgh kembali menjelaskan, "Karena DNA Dolly berasal dari sel kelenjar susu, jadi ia dinamai mirip penyanyi country Dolly Parton."

Baiklah.

Bagaimana kehidupan Dolly?

Dolly hidup normal bersama domba-domba lain di Roslin Institute di Edinburgh. Bedanya dengan domba lain, Dolly sempat muncul di media beberapa kali.

Dolly bahkan sempat kawin dengan domba Welsh Mountain lalu beranak-pinak. Mereka memiliki enam anak.

Sayangnya, Dolly terinfeksi virus Jaagsiekte sheep retrovirus (JSRV), yang menyebabkan kanker paru-paru pada hewan. Akhirnya, Dolly menjalani eutanasia pada 14 Februari 2003.

Menurut Roslin Institute, setelah kematian Dolly, tubuhnya disumbangkan ke National Museum of Scotland di Edinburgh. Di sana, Dolly menjadi salah satu pameran yang paling diminati pengunjung museum.

Apa warisan Dolly?

Profesor Ian Wilmut menggunakan pengetahuan dari proses pengkloningan Dolly untuk "membuat sel punca yang bisa digunakan dalam pengobatan regeneratif". Ia pindah ke University of Edinburgh pada 2005 dan mejadi direktur pertama yang mengepalai MRC Centre for Regenerative Medicine pada 2006. (yen)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image