Sejarah: Pemenang Olimpiade Dapat Bonus Batu Ruang Angkasa

Sejarah Hari Ini  
Ilustrasi (republika.co.id)
Ilustrasi (republika.co.id)

Diplomasi.Republika.co.id--Upacara penutupan Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi, Rusia, diselenggarakan pada 23 Februari 2014.

Seribu anak Rusia menyanyikan lagu kebangsaan negaranya dengan penuh rasa bangga di upacara tersebut. Kemeriahan yang bertabur konfeti ini seolah menjadi selebrasi kemenangan bagi sang tuan rumah. Dalam perolehan mendali, Rusia berada di posisi teratas. Sebanyak 88 negara di dunia berpartisipasi dalam olimpiade musim dingin yang ke-22.

Ada yang istimewa dalam olimpiade musim dingin kali ini. Rusia mempersembahkan mendali khusus yang berasal dari serpihan batu luar angkasa. Mendali meteorit diserahkan kepada para peraih mendali emas sebagai penanda hari ulang tahun jatuhnya meteor Chelyabinsk, seperti dikutip Antara.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sayangnya, tidak semua atlet mendapatkan mendali meteorit di pesta olahraga musim dingin terbesar ini. Hanya mereka yang memperoleh mendali emas pada 15 Februari, yang kemudian diberikan bonus berupa mendali Chelyabinsk.

Pada 15 Februari 2013, benda angkasa jatuh di wilayah Chelyabinsk, Rusia. Ledakan meteorit ini dapat disaksikan dan dirasakan getarannya oleh warga Rusia. Serpihan-serpihan dari batu angkasa kemudian menghujani wilayah yang tertutup salju. Menurut badan antariksa Amerika Serikat (NASA), meteorit di Rusia ini diperkirakan yang terbesar dalam kisaran 100 tahun. (rin)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image