Sejarah: Pemeran Gie Ini Lahir pada Februari

Sejarah Hari Ini  
Nicholas Saputra sebagai duta nasional UNICEF Indonesia (Unicef.org)
Nicholas Saputra sebagai duta nasional UNICEF Indonesia (Unicef.org)

Diplomasi.republika.co.id--Siapa yang tidak mengenal sosok yang berperan sebagai Soe Hok Gie dalam film Gie tahun 2005 ini. Ya, dia adalah Nicholas Saputra.

Dia merupakan aktor Indonesia yang multitalenta. Banyak judul film yang telah ia bintangi, antara lain Ada Apa Dengan Cinta? (1 dan 2), Janji Joni, Pendekar Tongkat Emas, Aruna dan Lidahnya, Cinta dari Wamena, dan Paranoia.

Pria kelahiran 24 Februari 1984 ini juga adalah seorang model, produser, relawan, sekaligus aktivis lingkungan dan pendidikan. Dia turut aktif menyuarakan pentingnya literasi digital ataupun isu lingkungan hidup di berbagai kesempatan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Organisasi PBB yang bergerak di bidang kesejahteraan anak di dunia (UNICEF) pun menunjuknya sebagai duta nasional UNICEF Indonesia. Pada 2020, dia juga dipilih untuk menjadi duta belajar salah satu aplikasi pendidikan.

Walaupun memiliki aktivitas yang padat, dia sendiri tak melupakan pendidikan. Nico tercatat sebagai alumnus Teknik Arsitektur Universitas Indonesia.

Dia mengungkapkan, ilmu pengetahuan bisa datang dari mana saja, baik lewat pendidikan maupun pengalaman. "Nilai akademis menjadi penting, tapi bukan jaminan dan tolok ukur satu-satunya. Semua hal tentang kehidupan dan pelajaran yang bisa kita dapatkan dari kesukaan kita bermain, berolahraga, bermusik, dan sebagainya, itu bisa kita terapkan supaya menjadi pribadi yang lebih baik setelah lulus sekolah," katanya seperti dilansir Antara beberapa waktu lalu.

Kemampuannya dalam mengekspresikan minat dan bakat sudah terbukti dari apa yang ia lakukan. Bahkan, sebuah karya inspiratif sudah dia kerjakan berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya.

Nico memproduksi film dokumenter sebagai bentuk kepeduliannya terhadap krisis ekologi dan pemanasan global. Filmnya yang berjudul Semesta (Islands of Faith) ini dirilis pada 2020. Film tersebut membicarakan lingkungan hidup juga perubahan iklim dari sudut pandang yang beragam, seperti agama, budaya, dan aliran kepercayaan yang ada di Indonesia. Semesta sempat ditayangkan di SUNCINE: International Environmental Film Festival di Barcelona, Spanyol, pada 2019. Festival ini khusus menayangkan film dokumenter yang mengangkat tema dan isu lingkungan.

Selain terlibat dalam proyek dan kegiatan yang edukatif, Nico juga menunjukkan ketertarikan pada dunia fotografi. Dalam akun Instagram pribadinya, dia acap kali berbagi keindahan panorama dari berbagai tempat di dunia, yang dikunjunginya. (rin)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image