Marc Marquez Lebih Paham Soal Indonesia

Serba Indonesia  
Pembalap MotoGP Marc Márquez memainkan angklung saat berkunjung ke Saung Angklung Udjo, Bandung, Jawa Barat, Ahad (10/2/2019). (Antara/M Agung Rajasa/Republika.co.id)
Pembalap MotoGP Marc Márquez memainkan angklung saat berkunjung ke Saung Angklung Udjo, Bandung, Jawa Barat, Ahad (10/2/2019). (Antara/M Agung Rajasa/Republika.co.id)

Diplomasi.Republika.co.id--Dua pembalap MotoGP, Marc Márquez dan Pol Espargaró, diadu pengetahuan soal Indonesia. Márquez menyatakan dia lebih paham dibandingkan rekan setimnya itu.

"Tentu saja pernah (ke Indonesia). Saya sering ke Indonesia, jauh lebih sering daripada Pol," kata Márquez dalam tayangan Youtube Honda pada Selasa (15/3/2022).

Ternyata Márquez pernah mengunjungi Bandung, Jawa Barat, pada 9-10 Februari 2019, sebelum tes di Sirkuit Mandalika. Dia tampak menaiki bandros, bus wisata khas Bandung, untuk berkeliling kota.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bahkan, selama lawatannya tersebut, juara dunia MotoGP enam kali itu menyempatkan untuk berkunjung ke Saung Angklung Udjo. Dia pun mencoba alat musik khas Sunda, angklung.

Beberapa pertanyaan mengenai Indonesia lalu diajukan kepada dua pembalap Repsol Honda ini. Ketika ditanya soal ibu kota Indonesia, keduanya menjawab dengan kompak dan benar.

Namun, saat diberikan pertanyaan untuk menyebutkan warna bendera Indonesia, Espargaró sempat salah menyebutkan, tetapi kemudian dikoreksi Márquez. "Red and white (merah dan putih)," ujarnya.

Pertanyaan berikutnya mengenai lokasi Sirkuit Mandalika, yang dijawab keduanya, "Lombok." Espargaró lalu menyebut letak Lombok yang dekat dengan Bali. Jawaban itu pun diberi tambahan oleh Márquez, "Pulaunya bernama Lombok."

Terakhir mereka ditanya soal makanan Indonesia yang pernah dicicipi. Márquez menjawab dengan lugas, "Nasi goreng." Sedangkan Espargaró menyebutnya dalam bahasa Inggris, "Fried rice."

Para pembalap MotoGP termasuk Márquez sudah berada di Jakarta, Indonesia. Mereka terlihat bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan berparade di ruas jalanan Ibu Kota, Rabu (16/3/2022).

Mereka akan berlaga dalam Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit mulai 18 Maret hingga 20 Maret 2022. Kira-kira siapa yang bakal menjadi juara di lintasan ini?

(rin)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image