Perayaan Tahun Baru 'Nowruz' di Indonesia

Kabar Diplomasi  
Ilustrasi. Indonesia-Iran (irna.ir)
Ilustrasi. Indonesia-Iran (irna.ir)

Diplomasi.Republika.co.id, JAKARTA--Kedutaan Besar Iran di Jakarta menggelar perayaan Tahun Baru Persia, Nowruz. Perayaan ini juga menghadirkan pameran kerajinan dan film yang dimulai pada Senin (28/3/2022) hingga Jumat (1/4/2022) di Jakarta.

Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Azad mengatakan, Nowruz bermakna ganda, yakni awal musin semi dan perayaan Tahun Baru Hijriyah Syamsiah. "Yang bertepatan dengan awal administrasi pemerintah dan penjabaran kebijakan luar negerinya, yang memiliki makna ganda dan kebahagiaan bagi kami," katanya saat membuka Festival Nowruz, Senin (28/3/2022) seperti dilansir Antara.

Nowruz secara harfiah berarti hari baru dan merupakan Tahun Baru Persia. Biasanya Nowruz menandakan hari pertama musim semi dan dirayakan sekitar tanggal 21 Maret setiap tahunnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dubes Azad mengatakan, Nowruz menjadi fase untuk memulai karya-karya besar. "Nenek moyang kita memainkan peran utama dalam membangun peradaban manusia, dengan menghubungkan Timur dan Barat. Dalam pertukaran ini, mereka telah menunjukkan nilai-nilai budaya dan sejarah yang elegan," katanya.

Dia lalu mengatakan, perayaan Nowruz sudah terdaftar sebagai salah satu Warisan Dunia oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) pada 2009. Menurut dia, Nowruz adalah ritual kuno dan abadi dengan sejarah mulia. Ritual tersebut telah dirayakan selama ribuan tahun di dataran tinggi Iran dan di antara suku bangsa-suku bangsa dalam wilayah geografis yang luas.

"Dari Amu Darya (Jeyhun) hingga Efrat. Dari Cina barat ke Anatolia, dari anak benua India dan Afghanistan di timur hingga Mesopotamia di barat, dan dari Asia Tengah ke Kaukasus Besar di utara, dan Asia Kecil di barat laut Iran," Kata Dubes Azad.

Konselor Budaya Kedutaan Besar Iran, Mohammad Reza Ebrahimi, mengungkapkan perayaan Nowruz seperti halnya perayaan hari raya di Indonesia, yakni menjadi ajang untuk bersilaturahim. Menurut dia, silaturahim dapat dijadikan sebagai sarana untuk mempererat hati, saling memaafkan, dan meningkatkan spiritualitas.

"Perayaan Nowruz adalah perayaan tahun baru sebagai hari raya, sama seperti masyarakat Indonesia saling bersilaturahim dan mengunjungi sesepuh atau tokoh masyarakat," katanya.

Reza mengatakan, perayaan Nowruz di Jakarta memuat serangkaian kegiatan, seperti pameran karpet dan kerajinan tangan serta pemutaran film-film Iran.

"Pemutaran film-film Iran diselenggarakan pada 28 Maret hingga 30 Maret 2022, pukul 13.00 WIB di Ruang Teater lantai 2 Perpustakaan Nasional RI," katanya.

Sementara itu, pameran karpet dan kerajinan tangan khas Iran akan dimulai pada 28 Maret hingga 1 April 2022 pukul 09.00 hingga 15.30 WIB di Ruang Pameran lantai 4 Perpustakaan RI. (rin)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image