Let's Explore Indonesia: Perkenalkan Indonesia kepada Anak-Anak Kroasia

Kabar Diplomasi  
(kemlu.go.id)
(kemlu.go.id)

Diplomasi.Republika.co.id, SAMOBOR-- KBRI Zagreb telah mempromosikan budaya Indonesia ke generasi muda Kroasia. Dengan tema “Let’s Explore Indonesia”, kegiatan dihadiri hampir 100 peserta. Mereka terdiri atas anak-anak warga negara Kroasia, yang berusia 5 hingga 12 tahun beserta orang tuanya.

Duta Besar Indonesia untuk Kroasia, Suwartini Wirta menyatakan pentingnya untuk mengajarkan anak-anak sejak usia dini mengenai wawasan dan budaya negara lain. "Sehingga mereka dapat tumbuh berkembang menjadi sosok yang senantiasa menghargai perbedaan," katanya seperti dilansir Kemlu.go.id, Selasa (5/4/2022).

Menurut dia, sebagai negara yang menjunjung tinggi semboyan Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia dapat menjadi contoh baik bagi Kroasia dalam menghargai perbedaan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Beragam kegiatan interaktif pun dilaksanakan. Mulai dari pemaparan materi mengenai Indonesia termasuk sesi kuis berhadiah, belajar bahasa Indonesia, demonstrasi seremoni tumpeng, pemutaran video Tim Gamelan KBRI Zagreb, pertunjukan tari yapong, menari Maumere bersama, demonstrasi permainan congklak, hingga pembagian door prize (hadiah lawang).

(kemlu.go.id)
(kemlu.go.id)

Selama kegiatan, para peserta dipandu oleh penerjemah bahasa Kroasia yang merupakan staf KBRI Zagreb.

Demonstrasi tumpeng, pertunjukan tari yapong, dan permainan congklak disebut banyak menarik perhatian peserta. Sebagian peserta menyatakan, ini kali pertama mereka melihat budaya Indonesia yang sangat beragam.

Dalam penyelenggaraannya, kegiatan ini berkolaborasi dengan salah satu Asosiasi Orang Tua di Kroasia, yang membentuk sebuah program Children For a Better World.

Presiden Children for a Better World, Leo Petrov menyatakan, kegiatan "Let's Explore Indonesia" yang diselenggarakan Kedutaan Besar RI di Zagreb ini merupakan yang terbesar. "Dengan jumlah peserta terbanyak dibandingkan kegiatan serupa, yang dilakukan oleh kedutaan asing lainnya," ujarnya.

Kegiatan promosi budaya Indonesia dilaksanakan di Gedung Pusat Pemuda, Samobor. Lokasinya berjarak sekitar 30 km dari ibu kota Kroasia, Zagreb.

Sebelumnya, Duta Besar Suwartini Wirta juga melakukan pertemuan dengan wakil wali kota Samobor, yang mendukung penuh mengenai kegiatan promosi budaya Indonesia. Kegiatan promosi budaya sangat penting untuk meningkatkan hubungan antarmasyarakat di kedua negara. (rin)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image