Shandong Association Siap Bangun KEK Sei Mangkei di Sumatra

Kabar Diplomasi  
Penandatangan MoU KEK Sei Mangkei dan Shandong Timber and Wood Products Association, Kamis (26/5) (Dok. KBRI Beijing)
Penandatangan MoU KEK Sei Mangkei dan Shandong Timber and Wood Products Association, Kamis (26/5) (Dok. KBRI Beijing)

DIPLOMASI REPUBLIKA, BEIJING -- Kerja sama investasi dijalin antara Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Sumatera Utara, dan Shandong Timber and Wood Products Association asal China. Investasi ini merupakan proyek kawasan industri internasional pertama yang dibangun oleh Shandong Association di Indonesia. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan Kamis (27/5) dan disaksikan Duta Besar RI di Beijing Djauhari Oratmangun.

“Penandatanganan MoU ini merupakan wujud kolaborasi intens antara KBRI Beijing dengan Shandong Association selama hampir tiga tahun, bekerja sama dengan Kementerian Investasi/BKPM, Kementerian BUMN dan stakeholders lain di Indonesia,” ujar Dubes Djauhari dalam keterangan tertulis yang diterima Diplomasi Republika.

Duta Besar RI di Beijing Djauhari Oratmangun menyaksikan penandatanganan MoU. (Dok. KBRI Beijing)
Duta Besar RI di Beijing Djauhari Oratmangun menyaksikan penandatanganan MoU. (Dok. KBRI Beijing)

Shandong Association sebagai pelaku bisnis utama bidang produksi kayu di China diyakini akan mampu memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan kualitas produksi kayu di Indonesia khususnya untuk kebutuhan ekspor global.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Chairman Shandong Association Yang Yuelu, menyampaikan bahwa Indonesia telah menjadi salah satu mitra kerja sama selama beberapa tahun terakhir. Ini semakin memperkuat kerja sama kedua negara dalam konteks sinergi Belt and Road Initiative dan Global Maritime Fulcrum.

Perwakilan PT. Kawasan Industri Nusantara (KINRA) menyampaikan apresiasi atas investasi yang dilakukan Shandong Association. KINRA berharap, kerja sama ini dapat lebih meningkatkan produktivitas KEK Sei Mangkei.

Data Kementerian Investasi/BKPM menunjukkan, China saat ini merupakan negara investor ke-3 terbesar di Indonesia dengan nilai realisasi investasi pada 2021 mencapai 3,2 miliar dolar AS. Periode Triwulan I 2022 mencapai 1,4 miliar dolar AS

Beberapa proyek investasi utama China di Indonesia yaitu proyek KA Cepat Jakarta-Bandung, Two Countries Twin Parks, Tsinghua Southeast Asia Center di Pulau Kura-Kura Bali, dan Kawasan Industri Hijau di Kalimantan Utara.

MoU KEK Sei Mangkei dengan Shandong Association ini diharapkan dapat lebih mendorong investor China untuk berinvestasi di Indonesia. Penandatanganan MoU kali ini dapat terealisasi berkat dukungan dari KBRI Beijing dan seluruh pihak terkait di Indonesia. (yen)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image