Di San Francisco, HUT RI Dirayakan dengan Gowes Bersama

Kabar Diplomasi  
Diaspora Indonesia dan warga asing sejumlah negara lain ikut merayakan HUT RI di San Francisco, Amerika Serikat. (Dok. KJRI San Francisco)
Diaspora Indonesia dan warga asing sejumlah negara lain ikut merayakan HUT RI di San Francisco, Amerika Serikat. (Dok. KJRI San Francisco)

DIPLOMASI REPUBLIKA, SAN FRANCISCO -- Diaspora Indonesia dan warga di San Francisco, Amerika Serikat (AS), menggelar aksi gowes sepeda untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Kegiatan ini bertajuk “Gowes Merdeka: Go Green Bike” yang digelar Sabtu (30/7/2022).

“Setelah jarang bertemu beberapa tahun akibat pandemi, maka dengan momentum menyambut HUT kemerdekaan Indonesia, kita ingin agar masyarakat dan diaspora Indonesia, khususnya pecinta olah raga sepeda di AS bisa bertemu kembali, bersilaturahmi, memperkokoh kerja sama, sekaligus menunjukkan semangat budaya hidup sehat," kata Konsul Jenderal (Konjen) Prasetyo Hadi di hadapan peserta.

"Semoga Gowes Merdeka menjadi sarana bagi warga untuk semakin memperkuat persatuan dan kerukunan,” katanya, dalam keterangan tertulis yang diterima Diplomasi Republika, Selasa (2/8/2022).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

(Dok. KJRI San Francisco) 
(Dok. KJRI San Francisco)

Masyarakat dan diaspora Indonesia memadati lapangan Crissy Field – Golden Gate sebagai tempat start dan finish acara bersepeda bersama. Aksi gowes ini dilakukan dengan mengelilingi Kota San Francisco. Acara diselenggarakan oleh KJRI San Francisco dan Gowes-Indo-SF.

Tidak kurang dari 200 orang masyarakat dan diaspora Indonesia serta warga asing dari berbagai negara termasuk warga lokal AS turut gowes bersama. Jarak tempuh mereka sepanjang 25 mil atau sekitar 40 km.

(Dok. KJRI San Francsico)
(Dok. KJRI San Francsico)

Para peserta datang dari komunitas sepeda dari berbagai wilayah di antaranya Los Angeles, Houston, Sacramento dan San Francisco selaku tuan rumah, serta kalangan asing, termasuk warga lokal, wakil dari Pemerintah Federal AS, dan perwakilan diplomatik pemerintahan negara asing di San Francisco.

“Kegiatan sepeda bersama ini adalah untuk menjaga agar tubuh kita tetap prima sekaligus sebagai sarana untuk memeriahkan perayaan HUT kemerdekaan Indonesia di San Francisco.” kata Ketua Gowes Indo-SF, Surjanto Suradi. Surjanto dikenal sebagai arsitek yang tinggal di San Francisco.

(Dok. KJRI San Francsico)
(Dok. KJRI San Francsico)

Acara sepeda ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi standar protokol kesehatan. Namun hal tersebut tidak mengurangi kemeriaahan acara. Para peserta datang mengenakan kaos dan sepeda yang bernuansa merah dan putih. Nuansa warna itu melambangkan semangat cinta Tanah Air dan sebagai ungkap syukur berdirinya negara Indonesia selama 77 tahun.

Salah satu peserta gowes, Ake Pangestuti, mengemukakan acara sepeda kali ini terasa istimewa. “Beberapa kali saya ikut acara sepeda bareng, baru kali ini ada pihak asing bergabung untuk bersepeda bersama sekaligus menyambut perayaan HUT RI,” kata Ake yang dikenal sebagai ketua Alzheimer Indonesia Chapter San Francisco itu.

Antusiasme serupa juga dirasakan oleh Akun Sabharwal, diplomat India yang bertugas pada Konsulat Jenderal India di San Francisco. Ia mengapresiasi acara ini sekaligus mengucapkan pesan selamat menyambut kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 mendatang.

“Pertama kali ikut kegiatan bersama komunitas dan diaspora Indonesia di San Francisco. Kami senang dan mengucap terima kasih karena dapat berpartisipasi pada acara olah raga dan sosial bersama masyarakat Indonesia,” katanya.

Charles Strickfaden, Kepala Komunikasi dan Humas – Lembaga Layanan Taman Nasional yang bertanggung jawab mengelola seluruh Area Rekreasi Golden Gate, menyempatkan hadir dalam acara tersebut. Ia bersama anggota tim Federal Taman Nasional memberikan dukungan penuh bagi acara sosial tersebut dengan memberikan izin penggunaan lapangan Crissy Field – Golden Gate sebagai meeting spot bagi seluruh peserta Gowes Merdeka.

(Dok. KJRI San Francsico)
(Dok. KJRI San Francsico)

Acara gowes semakin menarik dan meriah dengan adanya suguhan beragam kuliner Indonesia, serta iringan berbagai alunan lagu kebangsaan dan nasional yang dibawakan oleh Band Gowes Indonesia – San Francisco. Acara ditutup dengan gerakan flash mob poco-poco yang kompak dan meriah guna menambahkan kecintaan dan mengobati kerinduan para peserta pada budaya bangsa Indonesia.

(Dok. KJRI San Francsico)
(Dok. KJRI San Francsico)

Konsul Pensosbud, Mahmudin Nur Al-Gozaly, menginformasikan bahwa tahun ini KJRI San Francisco masih memiliki rangkaian kegiatan lainnya. Kegiatan itu akan diselenggarakan melalui kolaborasi bersama masyarakat dan diaspora untuk menyambut dan memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia, seperti Badminton Garuda Cup, Golf Merdeka Open, Upacara Bendera, Resepsi Diplomatik.

"Rangkaian kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai upaya diplomasi untuk terus mempromosikan keragaman budaya serta potensi ekonomi dan pariwisata Indonesia kepada publik luas di Amerika Serikat," katanya. (yen)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image