Bukan Hanya Biden dan De Croo yang Pernah Jatuh, Lho

Mancanegara  
Presiden Joe Biden jatuh di atas panggung setelah membagikan ijazah pada Upacara Wisuda Akademi Angkatan Udara Amerika Serikat 2023 di Falcon Stadium, Kamis, (1/6/2023), di Akademi Angkatan Udara Amerika Serikat di Colorado Springs. Sumber: AP Photo/Andrew Harnik, file (Republika.co.id).
Presiden Joe Biden jatuh di atas panggung setelah membagikan ijazah pada Upacara Wisuda Akademi Angkatan Udara Amerika Serikat 2023 di Falcon Stadium, Kamis, (1/6/2023), di Akademi Angkatan Udara Amerika Serikat di Colorado Springs. Sumber: AP Photo/Andrew Harnik, file (Republika.co.id).

DIPLOMASI REPUBLIKA, BRUSSELS – Pemimpin negara dunia pernah mengalami insiden di tengah tugas dan keseharian mereka. Jatuh di antaranya. Paling tidak, dalam waktu tak berjauhan dua pemimpin negara mengalaminya yaitu Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo.

Peristiwa terbaru dialami De Croo yang jatuh dari sepeda. Setelah jatuh ia sempat tak sadarkan diri. Insiden terjadi ketika De Croo (49) sedang bersepeda dengan putranya pada Sabtu (3/6/2023) sore, dekat rumahnya, wilayah Flanders.

Kantor berita Belga yang mengutip keterangan kantor perdana menteri, mengungkapkan, ‘’De Croo kehilangan kesadaran untuk beberapa saat dan dilarikan ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan.’’ Beruntung tak ada luka yang berdampak berkepanjangan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Melalui pesan video yang diunggah di media sosial, Ahad (4/6/2023), De Croo menyatakan dirinya sudah pulang ke rumah.’’Beruntung saya mengenakan helm dan putra saya menelepon layanan darurat,’’ katanya.

De Croo berterima kasih kepada staf medis yang merawatnya saat berada di rumah sakit. Ia berharap masih bisa menjalin komunikasi dengan mereka. Soal insiden saat berolahraga ia pun menyampaikan pesannya.

‘’Olahraga bagus buat kesehatan Anda tetapi kadang-kadang Anad harus berhati-hati,’’ ujar De Croo. Kecelakaan saat bersepeda ini diharapkan tak mengganggu jadwal kegiatan perdana menteri pada pekan depan.

Dua hari sebelumnya, yaitu Kamis (1/6/2023), Presiden AS Joe Biden mengalami insiden di acara kelulusan Akademi Angkatan Udara, Colorado Springs. Biden berada di panggung kelulusan menyampaikan pidato.

Lalu ia memberikan selamat kepada salah satu lulusan. Berjabat tangan dengan lulusan tersebut. Ia kemudian hendak menuju tempat duduknya. Saat melangkah menuju tempat duduknya itulah, ia tersandung sesuatu lalu terjatuh. Ia tersungkur.

Biden yang mengenakan topi biru itu, berusaha berdiri dengan bantuan tangan kanannya. Tiga petugas membantunya untuk berdiri. Setelah dapat berdiri tegak, Biden menunjuk dengan telunjuk tangan kiri sesuatu di dekat mimbar tempat ia berpidato sebelumnya.

Ia tersenyum bersama tiga orang yang membantunya. Presiden berusia 80 tahun itu melangkah menuju tempat duduknya. Ia mengikuti acara pelepasan lulusan sampai akhir. ‘’Saya tersandung karung pasir,’’ katanya saat kembali ke Gedung Putih, Kamis malam.

Dua karung pasir kecil warna hitam diletakkan di panggung, digunakan untuk menyangga teleprompter yang digunakan Biden dan pembicara lainnya di acara kelulusan itu.

Sejumlah pendahulu Biden juga pernah jatuh. Presiden Barack Obama tergelincir saat menaiki tangga panggung di sebuah acara pada 2012. ‘’Saya terlalu bersemangat, sampai saya tak menginjak anak tangga.’’ Presiden Gerald Ford (61) jatuh saat keluar Air Force One pada 1975.

Menurut Washington Post, 2 Juni 2023, Ford yang saat itu didampingi istrinya saat berkunjung ke Austria, berjalan menuruni tangga pesawat yang basah sebelum ia kemudian kehilangan keseimbangan dan terjatuh ke bagian tangga berikutnya.

Presiden Cina Xi Jinping membuat kehebohan ketika hampir terpeleset ke luar panggung di St Petersburg International Economic Forum, Rusia pada 2019. Dikelilingi Sekjen PBB Antonio Guterres dan pemimpin dunia lainnya, Xi tampak mendekati kerumunan di depan panggung.

Ia melambaikan tangan sebelum akhirnya hampir jatuh kea rah kerumumnan di depan panggung. Xi mampu menstabilkan langkah kakinya, lanjut melangkah dan melambaikan tangannya. Para komentator menyebut peristiwa ini “great fall of China.”

Presiden Rusia Vladimir Putin, dikenal sangat hati-hati dalam kurasi foto-fotonya. Foto yang biasanya beredar di publik, terlihat Putin bertelanjang dada di atas seekor kuda, berenang di danau Siberia yang membeku, atau berlatih yudo.

Namun, pada 2019, dunia melihat Putin jatuh ke lantai saat bermain hoki es di Bolshoy Ice Dome, Sochi. Seusai memenangkan pertandingan, Putin berkeliling arena merayakan kemenangan dan melambaikan tangan ke penonton. Saat itulah ia terjatuh.

Perdana Menteri Denmark Helle Thorning-Schmidt masuk dalam daftar pemimpin yang pernah jatuh. Pada 2015, ia keluar Elysee Palace, Prancis menggunakan sepatu berhak tinggi. Ia tergelincir dan jatuh, ia menahan tubuhnya dengan tangan dan lutut. (reuters/washingtonpost/fer).

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image