Gantian, India Usir Diplomat Kanada

Mancanegara  
Perdana Menteri India, Narendra Modi, menunjukkan jarinya. (EPA-EFE/HARISH TYAGI/Republika.co.id)
Perdana Menteri India, Narendra Modi, menunjukkan jarinya. (EPA-EFE/HARISH TYAGI/Republika.co.id)

DIPLOMASI REPUBLIKA, NEW DELHI – Setelah Kanada mengusir diplomat India, hubungan Kanada-India malah memanas. Beberapa jam berselang setelah pengusiran diplomatnya, India meminta diplomat senior Kanada meninggalkan negeri dalam kurun lima hari.

Langkah saling usir diplomat antara Kanada dan India ini terkait kecurigaan Kanada bahwa India terlibat pembunuhan aktivis Sikh di Kanada.

Pemimpin Sikh, Hardeep Singh Nijjar, pendukung keras kemerdekaan tanah Sikh yang dikenal dengan Khalistan, ditembak mati pada 18 Juni 2023 di luar pusat kebudayan Sikh, di Surrey, British Columbia, Kanada.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

‘’Keputusan New Delhi mencerminkan kian meningkatnya keprihatinan mengenai campur tangan diplomat Kanada dalam masalah internal kami dan keterlibatan mereka dalam aktivitas anti-India,’’ kata Kemenlu India, seperti dilansir Aljazirah, Selasa (19/9/2023).

Aksi massa oleh kelompok kemerdekaan Sikh di Kanada memicu kemarahan pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi.

Saat bertemu PM Kanada JustinTrudeau di G20, Modi menyatakan menjadi perhatian pihaknya atas sikap Kanada terhadap gerakan kemerdekaan Punjabi di luar negeri. Gerakan Sikh mendorong pemisahan diri dan memicu kekerasan terhadap diplomat India.

Ia meminta Kanada bekerja sama dengan India dan menyatakan itu adalah ancaman bagi diaspora warga Kanada keturunan India. Gerakan Khalistan dilarang di India yang menganggap kelompok ini sebagai ancaman keamanan nasional.

Namun, gerakan ini masih memperoleh dukungan di wilayah utara India, juga di negara-negara, seperti Kanada dan Inggris yang menjadi rumah bagi diaspora Sikh. Hardeep Singh Nijjar mengorganisasi referendum negara Sikh di India.

Tahun lalu, Pemerintah India mengumumkan hadiah uang atas informasi untuk penangkapan Nijjar. Ia dituding terlibat dalam serangan terhadap pendeta Hindu di India.

The World Sikh Organization of Canada menyebut Nijjar sebagai pendukung berat Khalistan, yang sering memimpin aksi massa damai terhadap pelanggaran HAM yang terjadi di India dan dukungan terhadap Khalistan.

‘’Selama beberapa bulan terakhir, Nijjar menyatakan di depan publik bahwa hidupnya terancam dan dia menjadi target badan-badan intelijen India,’’ demikian pernyataan The World Sikh Organization of Canada. (fer/reuters)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image