Para Pencinta Webtun Berkumpul di BWF 2023

Mancanegara  
Poster BWF ketujuh 2023 (bwfest.com)
Poster BWF ketujuh 2023 (bwfest.com)

DIPLOMASI REPUBLIKA, BUSAN-- Busan tidak hanya dikenal sebagai tempat untuk acara bergengsi industri perfilman dilangsungkan, tetapi juga acara internasional lainnya.

Busan Webtoon Festival (BWF) kembali digelar selama empat hari, yang akan dimulai pada hari ini, Kamis (26/10/2023) hingga Ahad (29/10/2023). Iterasi gelaran yang ketujuh kalinya ini dilaksanakan di KT&G Sangsang Madang Busan, Semyeon-ro 39, Busanjin-gu, Busan, Korea Selatan.

Bukan hanya para pencinta dan pembuat webtun dalam negeri Korsel sendiri, melainkan juga dari luar negeri yang akan berkumpul di festival tersebut. Mengangkat tema "Kembali ke Masa Depan", BWF akan menghadirkan webtun dengan plot atau alur yang berkisar pada karakter utama, yang melakukan perjalanan melintasi waktu ke kota-kota di seluruh dunia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Beberapa karya webtunis akan dipajang selama perayaan BWF. Di antaranya, karya webtunis asal Italia dan Mesir; "The Cities of Past" karya Andera Mancini (Italia), "The New York's Future" karya Stefano Casini (Italia), "The Great Pyramids of Giza" karya Mena Allah Ayman (Mesir), dan "Nashville City in Tennessee" karya Desouky Sara Aymin (Mesir).

Melansir Korea Herald, BWF tahun ini juga akan menampilkan sesi diskusi dengan webtunis Taiwan dan Jepang. Dijadwalkan, pada Sabtu, webtunis asal Taiwan Ruan Guang Min dan Chen Pei Hsiu akan memperkenalkan karya mereka dan berbagi pemikiran mengenai industri webtun, sementara webtunis Jepang Nonomori, Tobat Ko, dan Tomoto Tomo pada Ahad.

Selain itu, webtunis dalam negeri Korea terkemuka, MindC dari "Will You Marry Me?" dan Tamiboo dari "The Vampire Student", juga akan menyampaikan ceramah "Bromanshow" pada Kamis sore.

Sepanjang periode festival, akan ada acara karikatur oleh para webtunis. Aplikasi Toon Filter berbasis kecerdasan buatan Naver Webtoon juga akan digunakan untuk menggambar karikatur.

Webtun atau webtoon adalah komik serial yang dipublikasikan secara daring. BWF atau Festival Webtun Busan merupakan perayaan seni dan narasi webtun. Pertama kali diadakan pada 2017. Setiap gelaran festival mengambil tema yang berbeda-beda untuk menampilkan, antara lain peluncuran karya webtun terbaru dan karya pemenang penghargaan webtun.

Tiket masuk BWF ini gratis. Keterangan lebih jelas dapat ditengok pada situs resminya di www.bwfest.com. (zed)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image