Gali Tanah Malah Temukan Bom Perang Dunia II

Mancanegara  
Bendera Yunani/ilustrasi (greecepictures.org)
Bendera Yunani/ilustrasi (greecepictures.org)

DIPLOMASI REPUBLIKA, ATHENA — Penemuan yang tak disangka-sangka ini terjadi di Athena, Yunani. Sebuah bom Perang Dunia II yang belum meledak ditemukan saat pengerjaan proyek pembangunan kota di daerah pesisir selatan Athena.

Akibat penemuan tersebut, arus lalu lintas di daerah itu dihentikan selama lebih dari dua jam dan beberapa blok apartemen di dekatnya turut diamankan. Pihak berwenang mengatakan bom seberat 500 pon itu akhirnya dapat dihancurkan tanpa ledakan oleh tentara khusus.

"Semuanya berjalan baik, dan kami berterima kasih kepada semua lembaga yang terlibat, seperti unit khusus tentara, pemadam kebakaran, dan polisi lalu lintas,” kata Wali Kota Glyfada Giorgos Papanikolaou, seperti dikutip AP, Sabtu (28/10/2023).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dia pun menyatakan kemungkinan akan ada temuan lagi atas sisa persenjataan militer. “Seiring dengan kemajuan penggalian, lebih banyak persenjataan yang belum meledak mungkin ditemukan," katanya.

Proyek pembangunan perkotaan itu bakal menggunakan lahan, yang dulunya merupakan bandara internasional Athena sebelum ditutup pada tahun 2001 dan dipindahkan ke lokasi baru. Situs ini juga menjadi tuan rumah untuk beberapa lokasi olahraga selama Olimpiade Athena pada tahun 2004 dan sempat menjadi kamp bagi pencari suaka selama krisis pengungsi tahun 2015-2016.

Selain itu, lapangan terbang ini juga telah digunakan selama beberapa dekade untuk mendukung pangkalan militer Amerika Serikat yang ditutup pada awal tahun 1990-an. Selama Perang Dunia II dan pendudukan Yunani yang dipimpin Nazi, lapangan terbang tersebut pernah dibom oleh sekutu.

Perkotaan mewah tersebut akan dibangun dengan berbagai fasilitas rekreasi di dekat kawasan tepi laut Glyfada, selatan ibu kota. Pengerjaan proyek dimulai tahun lalu dan dijadwalkan selesai pada tahun 2026. (zed/AP)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image