Warisan Dunia di Jantung Kota Singapura

Mancanegara  
(dok: nparks.gov.sg)
(dok: nparks.gov.sg)

DIPLOMASI REPUBLIKA--Singapore Botanic Gardens atau Kebun Botani Singapura terletak di jantung kota Singapura. Situs ini menunjukkan evolusi kebun raya tropis kolonial Inggris yang telah menjadi lembaga ilmiah modern kelas dunia karena kerap digunakan untuk konservasi dan pendidikan. Ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2015.

Menurut laman UNESCO, lanskap budaya mencakup beragam fitur bersejarah, tanaman, dan bangunan yang memperlihatkan perkembangannya sejak didirikan pada 1859. Tempat ini telah menjadi pusat penting bagi ilmu pengetahuan, penelitian, dan konservasi flora, terutama yang berhubungan dengan budi daya tanaman di Asia Tenggara sejak tahun 1875. Tempat ini dapat menjadi pilihan wisata edukasi tentang keanekaragaman tanaman, sekaligus wisata sejarah.

Kebun Botani Singapura dicantumkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada sesi ke-39 Komite Warisan Dunia (WHC) di Bonn, Jerman. Menjadi kebun raya tropis pertama dan satu-satunya yang masuk Daftar Warisan Dunia UNESCO. Ini adalah kebun raya pertama di Asia dan kebun raya ketiga di dunia setelah Orto botanico di Padova dan Royal Botanic Gardens, Kew. (zed)

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image