Toilet Emas Dicuri, Polisi Inggris Tangkap Pelakunya

Mancanegara  
Toilet emas karya Maurizio Cattelan saat masih berada di Museum Guggenheim Museum, New York, Amerika Serikat, pada 2016. (AP)
Toilet emas karya Maurizio Cattelan saat masih berada di Museum Guggenheim Museum, New York, Amerika Serikat, pada 2016. (AP)

DIPLOMASI REPUBLIKA, LONDON – Toilet yang terbuat dari emas 18 karat dicuri dari Blenheim Palace, Oxford, Inggris, pada September 2019. Empat pelakunya dilaporkan ditangkap polisi, seperti dilaporkan Associated Press, Selasa (7/11/2023).

Toilet itu bernilai 4,8 juta poundsterling atau lebih dari Rp 92 miliar. Selama ini toilet emas itu ditempat di sebuah mansion yang menjadi tempat kelahiran Winston Churchil, sang tokoh masa Perang Dunia II.

Ada tulisan “America” pada toilet itu. Peranti ini dibuat dari emas, sebagai sebuah sindiran atau satire karya seniman konseptual Italia, Maurizio Cattelan. Sang seniman ingin menyindir tentang kekayaan para elite yang luar biasa, sehingga toilet pun terbuat dari emas.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Meski dianggap kategori karya seni, namun toilet emas itu berfungsi seperti toilet normal. Bahkan sebelum dicuri, para pengunjung Blenheim Palace bisa menggunakan toilet itu selama tiga menit, asalkan mendaftar sebelumnya.

Menurut polisi, toilet itu tersambung dengan sistem pembuangan Blenheim Palace. Maka pencurian toilet itu dikhawatirkan dapat menyebabkan kerusakan serius pada sistem pembuangan dan menyebabkan gedung yang dibuat pada abad ke-18 itu kebanjiran.

Blenheim Palace masuk dalam daftar UNESCO sebagai situs warisan dunia. Istana ini memiliki begitu banyak karya seni dan furnitur berharga yang mampu menyedot ribuan pengunjung setiap tahunnya.

Kini, para pelaku baru berhasil ditangkap empat tahun setelah pencurian terjadi. Pada 2021, Thames Valley Police, kesatuan yang menyelidiki pencurian ini, mengakui bahwa menemukan kembali toilet dalam kondisi utuh adalah tantangan berat.

“Mungkinkan kita akan pernah melihat toilet itu lagi? Sejujurnya saya bertanya-tanya, apakah mungkin bentuknya tetap toilet,” ujar Komisioner Matthew Barber kepada BBC.

“Jika orang memiliki emas sebanyak itu, menurut saya amat mungkin jika ada yang sudah membuatnya berubah bentuk, entah jadi apa,” katanya menambahkan. (ost)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image