11 November Bukan Saja Hari Jomlo Sedunia

Mancanegara  
Leonardo Dicaprio (dok. AP Photo)
Leonardo Dicaprio (dok. AP Photo)

DIPLOMASI REPUBLIKA-- Tanggal 11 November alias 11.11 diperingati sebagai Single's Day atau Hari Jomlo Sedunia. Awalnya, beberapa tahun yang lalu, mahasiswa di Cina yang tidak punya pasangan, menciptakan hari untuk berkumpul merayakan masa lajang. Mereka memilih tanggal 11 November (11/11) karena melambangkan keinginan para lajang untuk menjalin hubungan. Dua angka sebelas yang bersandingan tampak seperti dua pasangan, demikian dilansir dari BBC.

Daripada meratapi keadaan, mereka memilih untuk memanjakan diri dengan makan malam dan berbelanja barang-barang. Pada saat itu, terjadi kenaikan omzet penjualan daring yang signifikan. Salah satu penyedia layanan belanja elektronik kemudian memanfaatkan dan menjadikannya sebagai hari belanja daring terbesar di dunia. Tanggal itu pun menjadi ajang festival belanja global.

Tidak itu saja, tanggal 11 November menjadi tanggal bersejarah lainnya. Apa saja yang terjadi pada tanggal 11 November, berikut ini peristiwanya seperti dikutip dari laman Britannica.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

- Armistice Day atau Hari Gencatan Senjata. Pada 11 November 1918 merupakan peringatan hari berakhirnya pertempuran antara Sekutu dan Jerman selama Perang Dunia I.

- 11 November 1974 menjadi hari kelahiran aktor Amerika, Leonardo DiCaprio. Aktor yang pernah memenangi piala Oscar ini telah membintangi sejumlah film terkenal, antara lain, "Titanic", "The Revenant", "The Departed", "Inception", dan "Django Unchained".

Pengarang sekaligus penulis novel Rusia, Fyodor Dostoyevsky juga lahir pada tanggal 11 November, dengan tahun kelahiran pada 1821 di Moskow, Rusia.

- 11 November 2004, Yasser Arafat, yang merupakan presiden otoritas Palestina, pemimpin the Palestine Liberation Organization (PLO), sekaligus pemimpin Fatah, wafat di Paris, Prancis.

- Negara Angola mendeklarasikan kemerdekaannya pada 11 November 1975.

(zed)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image