Daftar Negara Bebas Visa untuk Paspor Indonesia

Kabar Diplomasi  
Petugas menunjukkan Paspor Republik Indonesia (RI) yang sudah jadi di Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (5/10/2022). (Antara/Muhammad Iqbal/Republika) 
Petugas menunjukkan Paspor Republik Indonesia (RI) yang sudah jadi di Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (5/10/2022). (Antara/Muhammad Iqbal/Republika)

DIPLOMASI REPUBLIKA--Memasuki libur akhir tahun dan tahun baru, berkunjung ke destinasi di luar negeri dapat menjadi pilihan yang menarik. Selain paspor, ada dokumen pendamping paspor untuk dapat masuk ke negara lain, yakni visa.

Perbedaan paspor dan visa? Paspor adalah dokumen perjalanan seseorang yang dikeluarkan suatu negara dan diakui secara internasional. Sedangkan Visa adalah izin yang diberikan suatu negara kepada warga negara lain agar bisa memasuki negara tersebut.

Biasanya, visa diterbitkan oleh negara yang menjadi tujuan atau negara yang akan dikunjungi. Visa ini berfungsi sebagai bukti resmi bahwa seseorang diizinkan memasuki suatu negara dalam jangka waktu tertentu, seperti dilansir laman Imigrasi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berdasarkan Henley Passport Index yang dikutip pada Kamis (21/12/2023), paspor Indonesia berada di peringkat ke-68 dari 105 negara. Pemilik paspor Indonesia dapat bepergian ke 76 negara bebas visa atau hanya mengajukan Visa on Arrival (VoA) atau electronic Travel Authority (eTA, semacam e-Visa).

Berikut ini daftar negara-negara bebas visa yang dapat dikunjungi oleh pemegang paspor Indonesia berdasarkan wilayahnya, seperti Asia, Oceania, Eropa, Timur Tengah, Karibia, Amerika, dan Afrika.

Wilayah Asia

1. Brunei

2. Kamboja

3. Hong Kong (SAR Cina)

4. Jepang

5. Kazakstan

6. Kirgistan (VoA)

7. Laos

8. Makau (SAR Cina)

9. Malaysia

10. Maladewa (VoA)

11. Myanmar

12. Nepal (VoA)

13. Pakistan (e-Visa)

14. Filipina

15. Singapura

16. Sri Lanka (e-Visa)

17. Tajikistan

18. Thailand

19. Timor-Leste (VoA)

20. Uzbekistan

21. Vietnam

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image