Panda Raksasa Kelahiran AS Kembali ke Cina

Mancanegara  
Xiao Qi Ji (wikipedia) 
Xiao Qi Ji (wikipedia)

DIPLOMASI REPUBLIKA, CHENGDU-- Seekor panda raksasa yang lahir di Amerika Serikat (AS), kembali ke Cina bulan lalu. Xiao Qi Ji, nama panda tersebut, bertemu publik untuk pertama kalinya pada Selasa (26/12/2023) di Provinsi Sichuan, Cina.

Setelah lebih dari sebulan menjalani karantina, termasuk pemeriksaan dan perawatan dari penjaga panda, Xiao Qi Ji secara bertahap mulai beradaptasi dengan lingkungannya yang baru. Seperti dilansir Xinhua pada Sabtu (30/12/2023), Xiao Qi Ji kini berada di Cagar Alam Nasional Wolong, Sichuan.

Xiao Qi Ji lahir pada 21 Agustus 2020 di Washington, D.C. Dia dikembalikan ke Sichuan pada 9 November dari Kebun Binatang Nasional Smithsonian bersama orang tuanya, Mei Xiang dan Tian Tian.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Penampilan perdana Xiao Qi Ji telah menarik banyak wisatawan yang penasaran dengan sosoknya. "Saya sangat menyukai panda, karena setiap melihatnya saya merasa sangat senang dan bikin stres hilang,” kata Xia Feng, salah satu penggemar panda.

Saat ini, Tian Tian dan Mei Xiang juga sudah keluar dari karantina. Kedua panda raksasa yang mulai menua itu dirawat secara khusus di Pusat Konservasi dan Penelitian Panda Raksasa Cina, yang tidak dibuka untuk umum.

Mei Xiang dan Tian Tian dibawa ke AS 23 tahun yang lalu. Pasangan panda itu menghasilkan empat anak, di antaranya Tai Shan, Bao Bao, dan Bei Bei, yang lebih dahulu kembali ke Cina. (zed)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image