Merapat ke Blok Cina, Arab Saudi Resmi Gabung BRICS

Bisnis  
Arab Saudi bergabung dengan BRICS (dok. AP)
Arab Saudi bergabung dengan BRICS (dok. AP)

DUBAIArab Saudi secara resmi bergabung sebagai anggota penuh dengan blok ekonomi yang terdiri atas Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan (BRICS). Bergabungnya Kerajaan Saudi ini dilaporkan saluran televisi pemerintah Al Ekhbariya, Selasa (2/1/2024).

‘’Keanggotaan penuh Saudi di BRICS dimulai untuk memperkuat posisi global. Pada Agustus, BRICS mengundang enam negara untuk bergabung, yang menghubungkan negara penghasil dan konsumen energi di negara berkembang,’’ demikian laporan Al Ekhbariya.

Agustus tahun lalu, Menlu Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan, menyatakan akan mempelajari lebih detail sebelum memutuskan bergabung pada 1 Januari tahun ini. ’’BRICS penting dan menguntungkan untuk memperkuat kemitraan ekonomi.’’

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kantor berita Tass menyebutkan, pada 27 Oktober, Menteri Ekonomi dan Perencanaan Pembangunan Saudi, Faisal bin Fadhil Alibrahim, menyatakan negaranya masih mempertimbangkan undangan bergabung dengan BRICS, termasuk menganalisis potensi ekonominya.

Anggota baru lainnya yang bergabung selain Saudi adalah Uni Emirat Arab, Mesir, Iran, dan Ethiopia. Saudi masuk BRICS di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik antara Cina dan Amerika Serikat (AS) serta kian besarnya pengaruh Cina terhadap Saudi.

Cina, konsumen terbesar... (buka halaman 2)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image