Bagaimana Aksi Heroik Kru Japan Airlines Selamatkan 367 Penumpang?

Corner  

‘’Lalu mereka menggunakan kata perintah pendek dan langsung seperti yang biasa dilakukan dalam pelatihan, seperti ‘tinggalkan barang bawaan’ dan ‘bukan pintu ini’,’’ ujar para pejabat JAL menjelaskan proses evakuasi penumpang oleh para kru.

Beberapa penumpang, yang diwawancarai di bandara pada Selasa tengah malam, memuji proses evakuasi yang cepat menyelamatkan hidup penumpag. Tsubasa Sawada (28 tahun), seorang penumpang menuturkan pengalamannya.

‘’Saya mendengar ledakan, sekitar 10 menit setelahnya setiap penumpang dan saya berhasil keluar dari pesawat. Saya hanya bisa mengatakan ini sebuah keajaiban. Kami semua bisa saja mati kalau evakuasi berjalan lamban,’’ kata Tsubasa.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Protokol darurat menyebutkan, kru mesti memperoleh izin dari kokpit untuk membuka pintu keluar darurat. Kapten pesawat berdiri dekat dua pintu keluar darurat dan memberikan lampu hijau proses evakuasi penumpang dari kabin pesawat.

Sayangnya, pintu darurat ketiga di bagian belakang pesawat tak dapat digunakan sebab sistem informasi dan interkom tak lagi berfungsi. Kru kabin mengambil keputusan tepat dengan membuka pintu utama pesawat, mempersilakan penumpang keluar dengan alat luncur.

Pihak JAL menuturkan, setelah meyakinkan semua penumpang telah keluar dengan aman dari pesawat melalui tiga alat luncur, kru serta pilot menyudahi proses evakuasi itu pada pukul 18.05 waktu setempat atau 18 menit setelah pesawat mendarat.

Kecelakaan pertama... (buka halaman 3)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image