Tak Mau Jadi Arena Konflik, Irak Ingin Pasukan AS Cepat Hengkang

Militer  

Hengkangnya pasukan AS membutuhkan pertimbangan matang Washington karena dampaknya, akan semakin meningkatnya pengaruh Iran di tingkat elite pemerintahan Irak. Kelompok Syiah dukungan Iran terus menguat setelah invasi koalisi AS ke Irak pada 2003.

Pada Senin (8/1/2024) lalu, Pentagon atau Kementerian Pertahanan AS menyatakan tak memiliki rencana untuk menarik pasukannya dari Irak. Sebab, kedatangan mereka ke sana karena undangan dari Pemerintah Irak sendiri.

Irak, produsen minyak terbesar kedua yang menjadi anggota OPEC, telah lama menjadi pengkritik tajam aksi militer Israel di Gaza. Mereka menyatakan Israel melakukan genosida dengan melakukan pembunuhan massal terhadap warga Palestina.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Di sisi lain, Pemerintah Irak berkali-kali menyatakan serangan oleh kelompok bersenjata terhadap pasukan asing dan misi diplomatik di Irak merupakan tindakan ilegal. Serangan semacam itu bertentangan dengan kepentingan nasional Irak.

Pemerintah Irak mengaku telah menahan sejumlah pelaku dan mencegah beberapa serangan. Pada saat bersamaan, Irak mengecam serangan AS ke basis-basis kelompok bersenjata. Termasuk serangan baru-baru ini ke komandan kelompok milisi di Baghdad. Dalam konteks ini, Irak menganggap serangan tersebut melanggar kedaulatan wilayahnya.

Sejumlah kritik terlontar, kelompok bersenjata seperti Kataeb Hezbollah dan Haraket Hezbollah al-Nujaba memanfaatkan statusnya sebagai anggota pasukan keamanan negara, Popular Mobilization Forces (PMF) sebagai kamuflase.

Ketika menyerang pasukan AS, mereka menjalankan operasinya di luar rantai komando PMF, tetapi di bawah payung Islamic Resistance in Iraq. Saat pasukan AS membalas mereka menyatakan diri sebagai anggota PMF dengan tujuan meningkatkan sentimen anti-AS.

Pasukan koalisi pimpinan AS menginvasi Irak dan menjatuhkan Presiden Saddam Hussein pada 2003. Mereka ditarik pada 2011, tetapi kemudian kembali lagi pada 2014 untuk memerangi ISIS sebagai bagian dari koalisi pasukan internasional. Saat ini terdapat 2.500 tentara AS di Irak.

Berhasil dikalahkannya ISIS pada 2017, jelas Sudani, alasan keberadaan pasukan koalisi itu telah berakhir pula. (reuters/han)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image