Eropa Terpecah, tak Semua Membebek AS-Inggris Mengebom Yaman

Mancanegara  

Alasan kedua, Roma memilih kebijakan lebih adem dalam mengatasi masalah di Laut Merah. Seorang pejabat Prancis mengungkapkan, Paris khawatir bergabung dengan AS akan kehilangan kesempatan dalam pembicaraan untuk meredakan ketegangan antara Hizbullah-Israel.

Dalam beberapa pekan terakhir, Prancis memfokuskan upaya diplomasinya untuk menghindarkan munculnya eskalasi di Lebanon. Meski demikian, Kementerian Luar Negeri Prancis merilis pernyataan bahwa Houthi biang keladi terjadinya eskalasi.

Bagaimanapun, seorang diplomat yang memahami posisi Prancis menjelaskan, Paris tak meyakini serangan tersebut bisa dianggap sebagai pembelaan diri yang sah. Secara terpisah, Menhan Spanyol Margarita Robles menyampaikan alasan tak gabung dengan AS.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Spanyol, jelas dia, lebih memilih untuk mendorong perdamaian di kawasan dibandingkan menempuh aksi militer dengan mengebom target-target Houthi di Yaman, seperti dilaksanakan AS dan Inggris pada Kamis (11/1/2024) kemarin.

‘’Setiap negara memberikan penjelasan atas pilihannya masing-masing. Spanyol akan selalu berkomitmen pada perdamaian dan dialog,’’ kata Robles kepada wartawan di Madrid. Awal pekan ini, Menhan Italia Guido Crosetto tegas tak mau menargetkan Houthi.

Ia menjelaskan, serangan-serangan Houthi memang harus dihentikan, tetapi tidak dengan memicu perang baru di kawasan. Perbedaan pendapat di antara negara-negara Barat dalam mengatasi Houthi telah muncul bulan lalu.

Ini terkait inisiatif AS dan negara sekutunya yang meluncurkan patroli bersama di Laut Merah, bernama Operation Prosperity Guardian dengan tujuan mengawal keselamatan dan keamanan kapal-kapal kargo yang melintasi Laut Merah.

Italia, Spanyol, dan Prancis tak ikut meneken kesepakatan misi tersebut. Mereka tak memberangkatkan kekuatan angkatan lautnya di bawah komando AS. Ketiganya telah berpartisipasi dalam operasi antipembajakan di Tanduk Afrika.

Menhan Spanyol Robles menyatakan, Uni Eropa kemungkinan dalam waktu dekat menetapkan inisiatif baru. ‘’Dalam kurun beberapa hari UE akan memutuskan misi baru. Spanyol berkomitmen perdamaian bisa dilakukan tak dengan campur tangan di Laut Merah.’’ (reuters/han)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image