Sejumlah Senator AS Desak Pembekuan Bantuan Militer untuk Israel

Mancanegara  

Gedung Putih menentang resolusi itu yang bisa mengarah pada adanya persyaratan atas pemberian bantuan kepada Israel. Para senator yang senada dengan Gedung Putih menyatakan resolusi ini memberikan pesan yang salah di mana Israel telah mengubah target serangan.

‘’Resolusi bukan hanya tidak berdasar, ini berbahaya. Resolusi ini benar-benar sinyal yang salah pada waktu yang salah,’’ kata senator dari Republik, Lindsey Graham. AS memang selama ini memberikan bantuan kepada Israel.

Setiap tahun AS menggelontorkan bantuan militer untuk Israel senilai 3,8 miliar dolar AS, dari pesawat tempur hingga bom berkekuatan tinggi yang bisa menghancurkan terowongan-terowongan Hamas. Bahkan, Biden meminta Kongres menyetujui tambahan 14 miliar dolar AS.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Resolusi yang diajukan Sanders merujuk Foreign Assistance Act yang mengizinkan Kongres, untuk meminta Kemenlu memberikan laporan HAM dan informasi lainnya atas suatu negara yang memperoleh bantuan keamanan dari AS.

Jika resolusi tersebut mendapat lampu hijau Senat, ini memberikan waktu bagi Kemenlu untuk menyediakan laporan HAM itu dalam kurun 30 hari. Setelah menerima laporan itu, Kongres bisa mengajukan resolusi lain yang meminta perubahan bantuan keamanan untuk Israel.

Israel melakukan serangan kepada Hamas setelah kelompok pejuang ini menyerang perbatasan Israel, yang menewaskan 1.200 orang dan 240 disandera. Serangan Israel ke Gaza menyebabkan 24.285 warga sipil kehilangan nyawa.

Ribuan jasad lainnya kemungkinan hilang di bawah puing-puing bangunan di Gaza yang dibom Israel. Serangan Israel juga membuat sebagian besar dari 2,3 juta penduduk Gaza harus meninggalkan rumah mereka. Pasokan pangan, medis, dan bahan bakar terus menipis.

Pemerintahan Presiden Joe Biden mendesak Israel mengurangi korban sipil dalam serangan ke Gaza. Namun, Israel menegaskan tak akan berhenti menyerang hingga Hamas lenyap. Di sisi lain, Hamas tak mengendurkan perlawanan terhadap Israel. (reuters/han)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image