Ongkos Ekonomi Israel Akibat Perang di Gaza

Bisnis  

Stan Israel di Pameran Teknologi Informasi Teluk (GITEX) Global 2021 di Dubai, Uni Emirat Arab (17/10/ 2021). (dok. EPA-EFE/ALI HAIDER)
Stan Israel di Pameran Teknologi Informasi Teluk (GITEX) Global 2021 di Dubai, Uni Emirat Arab (17/10/ 2021). (dok. EPA-EFE/ALI HAIDER)

Lebih dari 500 perusahaan multinasional, dari Google hingga Apple, IBM hingga Meta, dan Microsoft hingga Intel Corp beroperasi di Israel. Meski di tengah kecamuk perang, belum ada bukti investasi di sektor ini terancam mandek.

Dalam kurun sepekan dari serangan Hamas ke Israel, 7 Oktober 2023, lebih dari 220 modal ventura termasuk Bain Capital Ventures, 8VC, Bessemer Venture Partners, dan GGV Capital menegaskan solidaritas dengan Israel.

Mereka juga menyeru para investor dunia untuk terus mendukung ekosistem teknologi di Israel. Pada 17-20 Desember 2023, puluhan eksekutif senior modal ventura berbasis di AS, serta perusahaan teknologi dan ekuitas ambil bagian dalam Israel Tech Mission.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Program ini mempertemukan mereka dengan pejabat tinggi Israel di Yerusalem dan Tel Aviv. Ron Miasnik, investor di Bain Capital Ventures ikut mengorganisasi Israel Tech Mission bersama David Siegel, CEO Meetup.com.

‘’Kami investor jangka panjang pada ekosistem perusahaan rintisan Israel. Kami juga memprioritaskan kunjungan ke kawasan serta bertemu dengan tim untuk terus mendukung stabilitas dan kemakmuran ekonomi di sana,’’ kata Miasnik kepada Aljazirah.

Hillel Fuld, kolumnis teknologi dan penasihat mengenai perusahaan rintisan berbasis di Beit Shemesh, Israel, menyampaikan, pada Desember produsen cip AS, Intel Corp mengonfirmasi rencananya membuat pabrik pembuatan cip bernilai 25 miliar dolar AS.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan ini merupakan investasi terbesar yang pernah dalam sejarah Israel. Dengan grant senilai 3,2 miliar dolar AS dari Pemerintah Israel, rencana Intel ini merupakan stimulan bagi sektor teknologi di tengah perang.

Sementara itu, sektor pariwisata... (buka halaman 3)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image