Serius, Parlemen Florida Ajukan RUU Soal Kue Stroberi

Mancanegara  
Strawberry shortcake ala Amerika, lengkap dengan krim (Jon Sullivan/Wikimedia)
Strawberry shortcake ala Amerika, lengkap dengan krim (Jon Sullivan/Wikimedia)

DIPLOMASI REPUBLIKA, TALLAHASSEE -- Sebuah Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang kue stroberi diajukan parlemen Negara Bagian Florida, Amerika Serikat (AS), Jumat (4/3/2022). Mereka menginginkan, kue stroberi atau tepatnya stawberry shortcake, disahkan sebagai hidangan resmi Florida.

House of Representative --majelis rendah di AS-- melakukan pemungutan suara pada Jumat. Hasilnya, 109 setuju dan 4 suara menentang RUU. Untuk selanjutnya, RUU diajukan kepada Gubernur Florida Ron DeSantis, untuk disahkan.

Sebelumnya, Florida sudah memiliki Key Lime Pie sebagai pie resmi negara bagian. Kali ini, sasaran mengarah pada stroberi, sebagai upaya mempromosikan industri stroberi Florida yang nilainya mencapai 1 miliar dolar AS.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Banyak lelucon dan ucapan berandai-andai saat RUU dibahas. Namun, saat sidang, suasana berubah menjadi serius --meski tak sepenuhnya serius.

Bahkan anggota legislatif Partai Republik, Jim Mooney, mendukung RUU ini. Sebelumnya, ia dikenal sebagai pendukung Key Lime Pie hingga menjadi pie resmi Florida.

"Sebenarnya ini RUU serius," kata Mooney. "Pertanian amatlah penting bagi negara bagian kita. Sebagai seorang mantan penjual, bisa dikatakan bahwa stroberi adalah salah satu buah favorit saya. Rasanya enak dan juga sedap jika ditaruh di Key Lime Pie," katanya lagi.

Namun, ia menambahkan, "RUU ini tidak akan mengubah pendapat orang tentang betapa enaknya Key Lime Pie."

Stroberi (J Pat Carter/AP)
Stroberi (J Pat Carter/AP)

Plant City adalah jantung industri pertanian di Florida. Kawasan itu memiliki pertanian stoberi seluas lebih dari 4 ribu hektare. Bahkan kawasan itu menyumbang 75 persen produksi stroberi selama musim dingin di AS.

RUU ini juga ditujukan untuk menghalau produk asing dan mendahulukan produk asli Florida. Tahun ini, produksi stroberi Florida diperkirakan mencapai 120 ribu ton. (ap/yen)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image