Nikmati Kopi dan Coklat Indonesia di Jepang

Kabar Diplomasi  
Acara peresmian Sunnyside Fields Kagawa pada Sabtu (26/03/2022) (kemlu.go.id)
Acara peresmian Sunnyside Fields Kagawa pada Sabtu (26/03/2022) (kemlu.go.id)

Diplomasi.Republika.co.id, JEPANG--Produk kopi dan coklat Indonesia ternyata sudah masuk pasar Jepang. Berbagai jenis biji kopi dan kakao dari pulau-pulau Indonesia, seperti Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Kepulauan Nusa Tenggara, dan Papua, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Jepang.

Konjen RI Osaka, Diana Sutikno; bersama Gubernur Kagawa, Keizo Hamada; dan beberapa pemangku kepentingan terkait, meresmikan sebuah fasilitas komersial Sunnyside Fields Kagawa pada Sabtu (26/3/2022).

Sunnyside Fields merupakan Multipurpose Commercial Facility dan area rekreasi keluarga di Kota Manno, Prefektur Kagawa, Jepang, yang fasilitas-fasilitasnya bisa dinikmati masyarakat. Salah satu fasilitasnya, yakni menyajikan beragam jenis craft coffee dan olahan coklat yang khusus diimpor dari Indonesia. Kopi dan coklat lalu diolah dengan sentuhan kearifan lokal Jepang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Konjen RI Osaka, Diana Sutikno mengungkapkan, keberadaan kopi dan coklat Indonesia di Sunnyside Fields Kagawa, dapat menjadi sarana dan upaya promosi Indonesia yang efektif. “Saya berterima kasih dan merasa bangga atas keberadaan suatu fasilitas komersial di Jepang Barat, yang secara eksklusif menyajikan produk-produk kopi dan coklat dari Indonesia," ujarnya seperti dikutip Kemlu.go.id, Rabu (30/3/2022).

Gubernur Keizo Hamada turut menyambut baik peresmian Sunnyside Fields sebagai pintu awal promosi Indonesia di Kagawa. Dengan begitu, menurut dia, dapat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi, kebudayaan, pertanian, dan pendidikan.

“Peran aktif Pemerintah Indonesia dalam dalam memajukan kerja sama dengan Prefektur Kagawa di segala bidang, sangat kami apresiasi. Saya sangat senang atas kehadiran Indonesia melalui kopi dan coklatnya di tengah masyarakat Kagawa," katanya.

Menurut Hamada, dengan demikian, asimilasi dapat terjadi dengan baik sehingga menciptakan kerja sama yang menguntungkan bagi hubungan dua negara.

Pemilik Sunnyside Fields, Tada Shohei, menyampaikan bahwa Sunnyside Fields berkonsep suasana alami yang mengingatkannya pada Indonesia. "Dekat dengan alam mengingatkan saya atas keramahan masyarakat dan suasana hijau Indonesia," katanya.

Ia menambahkan, perpaduan buah-buahan dan sayuran organik yang ditanam di sekitar area tersebut, serta sajian kuliner tradisional Jepang, menambah kesan eratnya hubungan Indonesia dan Jepang.

Peresmian Sunnyside Fields tidak lepas dari kesepakatan penandatanganan kerja sama yang dilaksanakan pada April 2021, antara Mirza Management pimpinan Koichi Yasogawa dan PT Arumia Kharisma Indonesia. Kesepakatan pun disaksikan oleh Konjen RI Osaka dan Kemendag. Kerja sama ini untuk mengimpor biji kopi dan biji kakao dari Indonesia secara bertahap sejak 2021.

Diana mengatakan, langkah awal tersebut berbuah manis karena ikut menyumbang surplus kinerja perdagangan Indonesia dengan Jepang hingga saat ini. “Saya juga sangat mengapresiasi Mr Koichi Yasogawa atas rasa cintanya terhadap kopi Indonesia, yang sudah timbul sejak 25 tahun lebih. Juga putranya, seorang chocolatier yang menyulap kakao Indonesia menjadi cantik dan tentunya bercita rasa lezat," kata Diana menambahkan.

Acara peresmian dihadiri lebih dari 100 undangan. Mereka terdiri atas pejabat kota setempat, jajaran Kagawa Japan Indonesia Friendship Association, para pelaku usaha, hingga perwakilan dari pusat perbelanjaan ternama Jepang AEON dan Mitsukoshi Takamatsu Kagawa.

Para tamu undangan pun dapat menikmati sajian kopi dan kakao Indonesia, yang memang bercita rasa unik. Jika dibandingkan kopi dan kakao lainnya yang sudah ada di Jepang, menurut mereka, sajian kopi dan kakao Indonesia memiliki rasa yang berbeda.

Aneka kopi yang berasal dari Indonesia (kemlu.go.id)
Aneka kopi yang berasal dari Indonesia (kemlu.go.id)

KJRI dan ITPC Osaka senantiasa mendukung kebijakan Pemerintah RI dalam memperkuat kinerja ekspor Indonesia. Terutama dalam memperkenalkan dan melakukan kegiatan akses market secara ekstensif terhadap produk-produk ekspor unggulan Indonesia, ke pelaku usaha, pemerintah daerah, ataupun kalangan diplomatik.

Produk-produk asal Indonesia yang menjadi keunggulan di bidang ekspor, antara lain kopi, coklat, herbal, produk pangan olahan tempe, bumbu olahan, dan rempah Indonesia. (rin)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image