Indonesia Spice Up the World, Olah Masakan Indonesia dengan Teknik Prancis

Kabar Diplomasi  
Dok. KBRI Beijing
Dok. KBRI Beijing

DIPLOMASI REPUBLIKA, BEIJING -- Delapan hidangan Indonesia diolah dengan teknik masakan Prancis, Senin (15/8/2022). Ini bagian dari program yang diinisiasi MULU Global Media (Beijing) Inc. dan dirancang bersama KBRI Beijing untuk mendukung program nasional Indonesia Spice Upthe World!.

Duta Besar ndonesia untuk China Djauhari Oratmangun dan Ibu Sih Elsiwi Handayani Oratmangun bersama Fungsi Pensosbud KBRI Beijing telah mencicipi hidangan tersebut.

Dok. KBRI Beijing
Dok. KBRI Beijing

"Tujuan program ini adalah mengedukasi para pencinta kuliner lokal dan internasional dalam memahami kompleksitas rasa masakan Indonesia," kata Dubes Djauhari dalam keterangan tertulis yang diterima Diplomasi Republika, Senin.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dari kelihaian Chef Addison Liew dan bumbu rempah Indonesia, hadirlah kreasi masakan Indonesia yang baru. Penyajian fine dining mampu meningkatkan kesan street food menjadi high quality food.

Program ini rencananya akan diluncurkan pada 16-31 Agustus 2022 dalam rangkamemeriahkan perayaan HUT ke-77 RI sekaligus mempromosikan high-end tourism Indonesia. Dalam kegiatan ini Chef Addison Liew dari Mulu Hutong telah mendapatkan bimbingan dari Chef Yono Purnomo yang berbasis di Amerika Serikat.

Chef Yono Purnomo adalah salah satu duta kuliner fine dining Indonesia yang sukses membesarkan nama dan restorannya Yono’s di kota New York selama kurang lebih 43 tahun.

Paduan rempah Indonesia dan bahan makanan lokal China ternyata mampu mencapai keseimbangan rasa otentik yang menggugah selera. Indonesian Fine Dining ini dapat dinikmati di restoran Mulu Hutong di Beijing, China.

Sajian gado-gado dalam balutan kerupuk udang sakura, ditemani wedang citrus kalamansi memberikan kejutan rasa awal. Hidangan itu membuat seluruh tamu yang hadir ketagihan untuk menu berikutnya.

Sesi pencicipan menu dilanjutkan dengan Otak-otak Amuse Bouche Style dengan Hokkaido Sea Urchin, Gohu ala Manado dengan Acar Vinaigrette, Soto Udang dengan Brittany Blue Lobster dan Wild Matsutake. Ada pula Opor Arnab dimasak Le Lapin Confit dengan Egg Mimosa, Ikan Woku Belanga dengan Grilled Blue Fin Tuna, Rendang Padang dengan French Charolaise Beef dan Kluwek.

Dok. KBRI Beijing
Dok. KBRI Beijing

Sedangkan makanan penutup terdiribdari Spekuk, Kolak Pisang dan Sarang Burung Walet. Semua itu sukses memanjakan lidah para tamu dalam sesi kurang lebih tiga jam.

Menariknya, seluruh bumbu rempah yang dimanfaatkan dalam proses pembuatanmakanan, berasal dari Indonesia. Hal ini juga merupakan keberhasilan seluruh pemangku kepentingan yang mampu memfasilitasi ekspor bumbu rempah Indonesia ke pasar China agar dapat dimanfaatkan oleh restoran lokal.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image