Misteri Terowongan Jaring Laba-Laba Hamas

Corner  
Terowongan di Gaza (dok. AP/AdelHana)
Terowongan di Gaza (dok. AP/AdelHana)

DIPLOMASI REPUBLIKA, YERUSALEM – Jika Israel akhirnya mewujudkan serangan darat ke Gaza, apa yang menanti mereka? Terowongan buatan Hamas. Jaringan terowongan ini panjangnya mencapai ratusan kilometer dan kedalamannya hingga 80 meter.

Seorang pejabat Amerika Serikat (AS) mengungkapkan, pasukan Israel akan menghadapi tantangan tak terduga saat bertempur dengan Hamas, sambil berupaya menjaga keselamatan sandera. Menhan AS Lloyd Austin juga menyampaikan pandangan yang sama.

Menurut dia, pertempuran selama sembilan bulan merebut kembali Kota Mosul, Irak, dari ISIS relatif lebih mudah dibandingkan apa yang akan dihadapi Israel ketika menyerang Hamas di Gaza melalui serangan darat. Bakal ada bahan peledak, ranjau, dan jebakan lainnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Salah satu sandera yang dibebaskan Hamas menyebut terowongan ini sebagai ‘jaring laba-laba’, sedangkan salah satu pakar menamainya "Viet Cong times 10". Hamas memiliki beragam terowongan yang dioperasikan di bawah pesisir dan perbatasan seluas 360 km persegi.

‘’Terowongan ini digunakan mereka untuk melakukan serangan, penyelundupan, tempat penyimpanan, persembunyian,’’ demikian diungkapkan sejumlah sumber Barat dan Timur Tengah yang mengetahui mengenai terowongan Hamas ini, Kamis (26/10/2023).

Israel memang memiliki perangkat dengan sensor canggih untuk mendeteksi terowongan ini, termasuk ‘iron wall’, tetapi Hamas diyakini membuat terowongan yang bisa menembus area lain yang tak mudah dideteksi dengan perang milik Israel.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image