Diplomasi Kopi Gayo pada 'Fika Reception' di Swedia

Kabar Diplomasi  
(dok. KBRI Stockholm)
(dok. KBRI Stockholm)

DIPLOMASI REPUBLIKA, Malmö-- KBRI Stockholm menghadirkan Indonesian Cultural Night 2023 di Folk Mat & Möten, Kota Malmö, Swedia (27/10/2023). Acara tahunan ini menjadi ajang untuk mempromosikan kebudayaan dan pariwisata Indonesia kepada masyarakat Swedia dan warga asing lainnya yang berdomisili di Swedia.

"Promosi budaya dan komoditas kopi merupakan cara terbaik dalam memperkenalkan Indonesia dan meningkatkan people-to-people contact," kata Dubes RI Stockholm, Kamapradipta Isnomo, seperti dikutip dalam keterangan resminya, Senin (30/10/2023).

Selain itu, menurut dia, pilihan Kota Malmö untuk promosi budaya sangat tepat mengingat Malmo merupakan kota besar yang multikultur dan pusat berbagai perusahaan dan universitas yang terkenal di Swedia yang berbatasan dengan Denmark.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketua Dewan Kota Malmo, Carina Nilsson, menyambut kegiatan budaya Indonesia di Malmo yang dapat menjadi jembatan bagi pertukaran budaya antara Swedia dan Indonesia. Dia mengatakan, semboyan Indonesia, unity in diversity (Bhinneka Tunggal Ika) dapat diterapkan juga di Malmo. "Malmo adalah kota dengan masyarakat multikultur yang sangat terbuka tidak hanya terhadap ide-ide baru dan kegiatan bisnis, tetapi juga terhadap orang-orang dengan berbagai latar belakang yang berbeda," katanya.

(dok. KBRI Stockholm)
(dok. KBRI Stockholm)

Kegiatan dimulai dengan Fika Reception, para tamu dapat saling berinteraksi sembari menikmati jajanan khas Indonesia dan merasakan suguhan teh dan kopi Gayo unggulan Indonesia, yang disiapkan oleh roastery lokal Swedia. Fika adalah budaya Swedia untuk menikmati kopi dan cemilan di sela-sela hari. Setelah resepsi Fika, ada pertunjukan berupa keragaman budaya Indonesia, melalui tari-tarian tradisional dan musik gamelan.

Berbagai tari tradisional, seperti tari Medley Wonderful Indonesia, Tari Tor-tor, Tari Janger, Tari Jaipong, Tari Kipas, dan Burung Enggang ditampilkan oleh Bagusforeningen, asosiasi persahabatan Swedia-Indonesia yang berdomisili di Kota Malmö. Selain itu, juga terdapat penampilan musik gamelan yang dipersembahkan oleh Bilawa Ade Respati, yang merupakan seniman Indonesia yang sedang berkiprah di Eropa. Bilawa dan tim menampilkan dua pertunjukan, yakni gamelan klasik dengan instrumen minimalis dan gamelan kontemporer.

(dok. KBRI Stockholm)
(dok. KBRI Stockholm)

Acara dimeriahkan dengan lomba kontes foto yang disponsori oleh sebuah maskapai internasional dan Wonderful Indonesia Travel. Kontes ini membuat pengunjung semakin antusias. Pemenang dari lomba tersebut mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Indonesia. Indonesian Cultural Night 2023 dihadiri oleh 200 tamu undangan yang terdiri atas kalangan pengusaha, pejabat pemerintah, diplomatik, akademisi, dan mahasiswa. (rin)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image