50 Ribu Wanita Hamil Gaza Berada di Ujung Tanduk

Corner  

Karena itu, ia mendesak semua pihak serius segera mencapai gencatan senjata. Ia juga memaparkan soal kondisi layanan kesehatan, yakni hanya 38 persen ranjang rumah sakit sebelum konflik yang masih tersisa dan 30 persen staf kesehatan masih bertahan.

Keadaan di Rumah Sakit Nasser di Khan Yunis di Gaza Selatan (17/12/2023) (EPA-EFE/HAITHAM IMAD)
Keadaan di Rumah Sakit Nasser di Khan Yunis di Gaza Selatan (17/12/2023) (EPA-EFE/HAITHAM IMAD)

Pada saat yang sama, rumah sakit yang sebenarnya dilindungi hukum kemanusiaan inetrnasional, berkali-kali diserang oleh Israel sejak perang bermula pada 7 Oktober lalu. WHO juga mencatat berapa kali serangan Israel yang menargetkan unit layanan kesehatan di Gaza.

Menurut catatan WHO, hingga 20 Desember 2023, terdapat 246 kali serangan Israel terhadap infrastruktur kesehatan di Gaza, termasuk rumah sakit dan ambulans. Bahkan, awal pekan ini WHO mengungkapkan kesedihan lainnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mereka menceritakan mengenai pemandangan pasien-pasien yang terpaksa terabaikan ‘mengemis’ makanan dan minuman. Ini terlihat setelah tim WHO mengunjungi dua RS yang rusak parah di Gaza utara, lokasi perang yang banyak memakan korban jiwa.

WHO mencatat pula, hanya sembilan dari 36 RS yang masih berfungsi sebagian, di tengah tak hentinya serangan Israel yang manargetkan fasilitas kesehatan. Sekitar 80 persen dari 2,3 juta warga Gaza telah berpindah ke Gaza selatan.

Ratusan ribu dari mereka berlindung di sekolah-sekolah PBB atau mendirikan tenda demi berlindung dari hawa dingin. Selama 11 pekan perang, setidaknya 20.424 warga Palestina meninggal dunia, 166 di antaranya dalam kurun 24 jam terakhir.

Menurut laman berita Aljazirah, puluhan ribu orang terluka, sedangkan yang lainnya wafat, jasadnya masih tertimbun di antara reruntuhan bangunan akibat serangan udara militer Israel. (ap/reuters/han)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image