Iran Tantang Kapal Musuh Bertarung di Lautan

Bisnis  

Menurut Freightos, platform pemesanan dan pembayaran untuk pelayaran internasional, untuk pekan ini biaya pengapalan dengan tujuan Asia ke Eropa Utara naik lebih dari dua kali lipat, yaitu di atas 4.000 dolar AS per 40 kaki kontainer.

Sedangkan jika pengapalan menggunakan rute Asia ke Mediterania, harga melambung hingga 5.175 dolar AS. Kepala Riset Freightos, Judah Levine menuturkan, sejumlah perusahaan kapal mengumumkan tarif di atas 6.000 dolar AS per 40 kaki kontainer ke Mediterania.

‘’Tarif itu berlaku pertengahan bulan ini. Ada biaya ekstra 500 dolar AS hingga 2.700 dolar AS per kontainer, membuat biaya pengapalan lebih tinggi,’’ kata Levine, Kamis (4/1/2024). Hingga Rabu, ratusan kapal kontainer dan kapal lainnya mengubah rute ke Tanjung Harapan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tujuannya untuk menghindari serangan Houthi. Pengalihan rute ini bakal menambah lamanya perjalanan kapal dari 7 hingga 20 hari. Pelabuhan-pelabuhan Amerika Utara yang tak begitu terdampak, tarifnya juga ikut-ikutan naik.

Penyebabnya, 30 persen kargo yang tiba di Pantai Timur AS melewati Terusan Suez. Maka itu, perusahaan logistik berharap pengapalan barang-barang impor dialihkan ke Pantai Barat AS, yang melewati rute langsung Samudra Pasifik, dari Cina dan negara Asia lainnya.

Tarif pengapalan dari Asia ke Pantai Timur Amerika Utara naik 55 persen hingga 3.900 dolar AS per 40 kaki kontainer. Harga di Pantai Barat melonjak 63 persen ke angka lebih dari 2.700 dolar AS. Levine mengatakan, mereka berharap bisa menghindari Laut Merah. (reuters/han)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image