Kasus Genosida yang Dilakukan Israel Segera Disidangkan ICJ, Begini Prosesnya

Corner  

Apa yang Bakal Terjadi di Persidangan ICJ?

Persidangan kasus genosida ini dijadwalkan berlangsung pada 11 dan 12 Januari 2024. Permintaan emergency measures merupakan langkah pertama dalam sebuah kasus yang akan memakan waktu beberapa tahun untuk menuntaskannya.

Sementara itu, provisional measures diartikan sebagai perintah menahan diri untuk mencegah sengketa memburuk dan pada saat bersamaan pengadilan mengkaji kasus secara keseluruhan. Hakim ICJ sering mengabulkan sejumlah langkah di atas.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Secara umum, di antaranya adalah meminta sebuah negara menahan diri dari tindakan apa pun yang dapat memperburuk sengketa hukum.

Untuk provisional measures pengadilan hanya harus memutuskan, apakah pada penilaian pertama mereka ICJ memang memiliki yurisdiksi untuk menangani kasus ini dan tindakan yang dituduhkan masuk dalam masalah yang diatur di Konvensi Genosida.

Afrika selatan meminta pengadilan untuk memerintahkan Israel menghentikan aksi militernya di Gaza, guna menghentikan aksi genosida apa pun atau mencegah genosida serta mengeluarkan laporan reguler mengenai langkah yang ditempuhnya.

Putusan ICJ bersifat final dan tak bisa dilakukan banding. Putusan atas kasus genosida yang dilakukan Israel akan menjadi preseden hukum.

Bagaimana Proses Hukum Berlangsung?

Jika pengadilan memutuskan memiliki yurisdiksi, kasus ini akan dilanjutkan. Israel akan mendapatkan kesempatan menyampaikan argumen bahwa ICJ tak memiliki dasar hukum untuk mengkaji klaim Afrika Selatan dan menyampaikan keberatan soal yurisdiksi ICJ.

Lalu, jika ICJ menolak keberatan tersebut, panel hakim akan memproses kasus genosida ini dalam persidangan-persidangan berikutnya. (reuters/han)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image