Visa Schengen untuk Migran Asia Dihargai Hingga 40 Ribu Dolar AS

Kabar Diplomasi  

Dalam kasus yang sama, pada 31 Agustus lalu, kementerian memecat wakil menteri luar negeri, Piotr Wawrzyk, saat pertama kali skandal suap visa ini muncul di media. Ia dilarikan ke rumah sakit setelah melakukan upaya bunuh diri.

Jaksa penuntut umum, Zbigniew Ziobro, menyatakan pihak berwenang sedang bekerja untuk membawa pelaku ke hadapan hukum. Di sisi lain, ia meyakini skala skandal suap ini lebih kecil dibandingkan yang diberitakan media dan klaim oposisi. Menurut dia, hanya 268 visa yang diterbitkan dalam kasus, sementara berita media menyebutkan 250 ribu visa sejak 2021.

Soal Wawrzyk, Ziobro menyatakan, sang mantan wamenlu itu menuliskan surat selamat tinggal dan menginginkan kematian. Sebab, Wawrzyk tak tahan dengan serangan di media terhadap dirinya. ’’Dia merasa seperti laki-laki yang diburu kebencian sebab ia merasa selama ini sebagai orang yang jujur,’’ kata Ziobro.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Wawrzyk bertanggung jawab membuat regulasi yang memudahkan bagi pekerja asing dari sejumlah negara, termasuk Iran, Pakistan, dan Uni Emirat Arab memasuki Polandia. Portal berita Onet juga memberitakan soal peran Wawrzyk.

Ia secara personal bersikukuh mengizinkan penerbitan visa kerja sementara untuk sekelompok orang dari India yang merupakan kru di industri film, Bollywood. Warga India ini membayar 25 ribu hingga 40 ribu dolar AS. Mereka berupaya ke AS melalui Meksiko.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Matthew Miller menyatakan, Kamis, dirinya tak bisa mengonfirmasi laporan soal penjualan visa yang digunakan menuju AS. ‘’Saya tak ingin membicarakan percakapan privat antara dua pemerintahan.’’ (fer/reuters)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image