Tiga Kota di AS Gelar Pesta Rakyat Indonesia

Kabar Diplomasi  
Dok. KJRI San Francisco
Dok. KJRI San Francisco

DIPLOMASI REPUBLIKA, SAN FRANCISCO -- Warga Indonesia di tiga kota di wilayah di Pantai Barat Amerika Serikat (AS) menggelar pesta rakyat. Ini adalah bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia yang digelar di wilayah kerja Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) San Francisco. Ketiga kota tersebut adalah Sacramento, Milpitas, dan Boise.

Perayaan HUT RI tampaknya selalu menjadi ajang pertemuan warga dan diaspora Indonesia di AS. Selain acara formal, peringatan juga dilakukan secara lebih informal dengan keterlibatan dan inisiatif warga dari berbagai kalangan hingga tingkat bawah.

Di beberapa wilayah di Pantai Barat Amerika Serikat (AS) yang masuk dalam wilayah kerja KJRI San Francisco, misalnya, beragam kegiatan dilakukan, mulai pesta rakyat, bazar, peragaan busana dalam rangka Kebaya Goes to UNESCO, hingga lomba rakyat seperti makan kerupuk, balap karung, adu kelereng, lomba olah raga, serta pergelaran hiburan rakyat lainnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Konsul Pensosbud San Francisco, Mahmudin Nur Al-Gozaly, momentum semakin baiknya suasana pasca -Covid-19 saat ini telah meningkatkan kembali semangat dan antusiasme masyarakat. Berbagai rangkaian kegiatan peringatan HUT RI tersebut juga merupakan sarana untuk mengonsolidasikan segenap potensi warga Indonesia melalui kesenian dan kebudayaan serta mempererat ikatan kultural di antara masyarakat dan diaspora Indonesia yang berdomisili di AS.

"Diharapkan, hal tersebut dapat semakin menguatkan citra positif bangsa Indonesia dengan berbagai kekayaan ragam budayanya," katanya kepada Diplomasi Republika.

Kemeriahan dan keseruan berbagai acara pesta rakyat di wilayah Pantai Barat bagian Utara AS masih akan terus berlangsung hingga September mendatang. Menurut catatan KJRI San Francisco, kegiatan bersama masyarakat dan diaspora Indonesia untuk memperingati HUT RI tahun ini di wilayah kerjanya juga akan diselanggarakan di beberapa daerah, di antaranya di Kota Renton (Washington) pada 27 Agustus dan Kota Tigard (Oregon) pada 3 September.

Bahkan, KJRI San Francisco juga telah menjadwalkan kedatangan D’Masiv. Grup band ini akan menghibur masyarakat dan diaspora Indonesia di KJRI San Francisco dan Kota Danville pada 28-29 Agustus. Berikut acara di Sacramento, Milpitas, dan Boise. (Berikut: Sacramento)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image