Tiga Kota di AS Gelar Pesta Rakyat Indonesia

Kabar Diplomasi  

Dok. KJRI San Francisco
Dok. KJRI San Francisco

3. Boise

Sementara itu di Kota Boise, Idaho, kegiatan digelar organisasi diaspora Indonesia, Indo-Idaho Inc, yang didukung oleh KJRI San Francisco. Mereka menyelenggarakan kegiatan memperingati HUT RI yang bertajuk “Indonesian Cultural and Heritage Day”.

Di Kota yang dijuluki dengan “City of Trees” itu, selain lomba tradisional rakyat, masyarakat dan diaspora Indonesia juga menggelar pertandingan badminton. Bahkan, ada pula pertunjukan seni budaya di antaranya berbagai tari adat dan angklung. Banyak warga lokal AS dan warga negara lain seperti Malaysia dan India, juga hadir dalam keseruan lomba rakyat, kompetisi olah raga, dan acara budaya tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dok. KJRI San Francisco
Dok. KJRI San Francisco

Salah satu pejabat tinggi Pemerintah Kota Boise juga menyempatkan hadir pada acara HUT RI tersebut. Kate Nelson, Direktur Kemitraan Komunitas Pemerintah Kota Boise hadir dan mengucapkan selamat atas HUT ke-77 RI. Menurutnya, masyarakat dan diaspora Indonesia menjadi bagian penting dari warga Kota Boise khususnya dan Idaho umumnya.

Dok. KJRI San Francisco
Dok. KJRI San Francisco

“Organisasi Indo-Idaho terlihat sangat aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan seni dan budaya. Keragaman budaya Indonesia telah memperkaya multikultural budaya masyarakat di Idaho,” ujar Nelson.

Kehadiran wakil dari Pemerintah Boise tersebut dinilai sebagai perhatian dan dukungan pemerintah daerah kepada komunitas warga dan diaspora Indonesia sebagai bagian dari warga Idaho yang dikenal begitu plural.

Dok. KJRI San Francisco
Dok. KJRI San Francisco

Presiden Indo-Idaho Inc, Arin Hening, mengatakan bahwa acara peringatan HUT RI yang berbalut acara budaya ini dimaksudkan tidak hanya untuk menjaga rasa nasionalisme dan kecintaan warga dan diaspora Indonesia. “Kegiatan ini juga diharapkan untuk memberikan warna kultur Indonesia sebagai bagian dari masyarakat yang tinggal di negara bagian Idaho dan sekitarnya yang multikultural,” kata Arin. (yen)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image