Tiga Kota di AS Gelar Pesta Rakyat Indonesia

Kabar Diplomasi  

Dok. KJRI San Francisco
Dok. KJRI San Francisco

2. Milpitas

Sementara itu, di Wilayah San Francisco Bay Area (SFBA) dan negara bagian lainnya, seperti Idaho, Oregon, dan Washington State, juga tak kalah menariknya dalam memperingati kemerdekaan Indonesia. Dalam rangka itu, Indonesian Moslem Community (IMC) - SFBA dan beberapa komunitas Indonesia lainnya menggelar berbagai lomba tradisional rakyat, Ahad (21/8). Acara rakyat itu berlangsung di Murphy Park, Kota Milpitas, California.

Berbagai lomba tradisional tersebut diikuti oleh semua kelompok usia yang hadir, mulai dari balap karung, makan kerupuk, balap bakiak, tebak lagu, hingga catur, dan tarik tambang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ratusan warga dan diaspora Indonesia pun datang dari berbagai kota, di antaranya San Jose, San Mateo, San Francisco, Freemont, Pleasanton, bahkan Honolulu, Hawai, dan negara bagian lainnya. Mereka berasal dari beragam kalangan dan usia, orang tua, remaja hingga anak-anak.

“Kami sangat senang dapat hadir untuk turut memeriahkan acara rakyat ini karena tidak hanya memperingati merdekanya Indonesia tetapi juga kembali menyemarakkan berbagai lomba tradisional rakyat yang belakangan semakin jarang dikenal terutama oleh generasi muda dan anak-anak,” ujar Konjen Prasetyo Hadi.

Salah satu tokoh diaspora Indonesia, Arie Quick, mengungkapkan bahwa acara permainan tradisional rakyat ini dapat berperan sebagai media silaturahim warga dan diaspora agar bisa saling berbaur bersama. Menurut Arie yang menjadi bagian dari penyelenggara acara tersebut, permainan tradisional adalah upaya mengingat masa-masa sebelum pandemi serta diharapkan mempererat kekompakan di antara masyarakat dan diaspora Indonesia.

Acara juga didukung dengan partisipasi beberapa tokoh diaspora Indonesia lainnya, Dian dan Utami. Pasangan suami istri ini terkenal aktif ikut mengorganisasi acara serta piawai mengiringi lagu-lagu kejuangan dan Indonesia Raya. Keduanya akrtif juga sebagai personel Gowes Band Indo-San Francisco, suatu organisasi sepeda yang aktif di wilayah San Francisco Bay Area. (Berikut: Boise)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image